Luhut : Pembangunan Infrastruktur Menjadi Prioritas Utama

0
151
Foto: Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan ketika mengangkat tangan memberikan semangan kepada 500 anggota paduan suara pada Puncak Harnus di Lembata

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Menteri Koordinator Kemaritiman RI. Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah pusat sedang getol membangun infrastruktur  di berbagai daerah agar tidak ada lagi daerah yang terisolir.

Pernyataan Luhut itu disampaikannya dalam sambutannya mewakili Presiden RI Joko Widodo pada puncak Perayaan Hari Nusantara  (Harnus) di Lewoleba Kabupaten Lembata, Selasa, 13 Desember 2016.

Menteri Luhut  mengatakan,  Indonesia saat ini fokus terhadap pembangunan infrastruktur karena akan meretas isolasi di bagian Barat, Tengah dan Timur Indonesia. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan mengalihkan subsidi BBM untuk pembangunan infrastruktur di daerah-daerah yang terpencil.

“Indonesia adalah negara kepulauan dan maritim harus dibangun dalam bingkai semangat persatuan dan kesatuan NKRI. Lembata juga bagian dari NKRI yang juga menjadi perhatian pemerintah karena potensi kelautan dan pariwisata yang menarik,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Dikatakannya, semangat Nawacita dengan membangun dari pinggiran menjadi perhatian utama juga di Kawasan Timur Indonesia. Pembangunan infrastruktur trans Sumatera-Jawa sedang dirampungkan.

“Membangun dari pinggiran mulai Papua. Papua Barat. Maluku, Maluku Utara dan NTT. Ternasuk Tol Laut yang kini telah menghubungkan Indonesia Timur untuk melayani kebutuhan masyarakat,” katanya.

Luhut juga mengatakan Wilayah Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  juga akan dijadikan lumbung pangan bagi Indonesia. Karena itu kebijakan pemerintah subsidi pupuk bagi petani menjadi perhatian.

Dia juga menghimbau kalangan pelajar harus sekolah menjadi orang yang cerdas namun berhati baik. Perhatian pemerintah dibidang pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar dilakukan agar anak yang tidak mampu secara ekonomi harus tetap bersekolah. Bahkan bisa tembus di Perguruan Tinggi ternama seperti UI dan UGM atau di Universitas ternama di luar negeri.

“Saya ini anak seorang sopir bus dan ibu saya tidak tamat SD. tapi karena tekun belajar bisa jadi seperti ini. Saya juga tidak malu sebagai anak sopir bus,” katanya.

Menteri Luhut juga mengatakan permbangunan.infrastruktur jalan dan Bandara di Lembata menjadi perhatian serius pemerintah agar transportasi lancar orang bisa datang lagi berwisata di Lembata tanpa hambatan soal transportasi. (bp)

 

Komentar ANDA?