Mahasiswa KKN Unwira Kupang  Terapkan  Program Amancalistung

0
843

NTTSATU.COM — NIKI-NIKI — Mahasiswa  Unwira Kupang menerapkan program Membaca, Ĺ menulis dan Menghitung (CALISTUNG) menjadi kegiatan  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Masyarakat (KKNPM) UNWIRA Kupang  yang berlangsung di Kelurahan Niki-niki, Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Senin 30 Januari 2023.

Maksud dari aman Caslitung (Adikku mantap membaca, menulis dan Menghitung) di Sekolah Dasar Katolik (SDK)  Yaswari  Niki-niki  dan mendapat respon positif dari   Kepala Sekolah guru dan siswa-siswi SDK Niki-niki

Salah seorang Guru kelas SDK Niki-niki yang tidak mau disebutkan namanya  mengatakan  program ini sangat bagus  dalam membantu  mengupayakan  peningkatkan kemampuan anak-anak serta sebagai bentuk kepedulian Universitas Katolik Widya Mandira Kupang sebagai Perguruan tinggi  terhadap perkembangan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di daerah- daerah. 

 Sementara Suster Ester ( Kepala Sekolah) menyampaikan rasa bangganya terhadap kehadiran mahasiwa. “Dan berterima kasih kepada adik- adik Mahasiwa yang telah menerapkan program ini  di sekolah Kami. Bagi kami kehadiran adik- adik mahasiswa adalah kebahagiaan kami. Dengan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan para mahasiswa secara baik dapat membantu anak-anak dalam mengasah dan mempertajam pemahaman siswa dalam hal membaca, menulis, serta berhitung. 

Salah seorang mahasiswa KKN , Iman Tobing  mengatakan bahwa kegiatan mengajari anak-anak Calistung merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dasar anak agar mereka lebih tanggap  dan aktif dalam berfikir. Kegiatan Calistung juga menjadi program rutin kelompoknya selama melakukan KKN di Kelurahan Niki-niki .

Kegiatan Calistung membuat pola pikir anak lebih kreatif dan aktif, karena  karena memberi dampak langsung kepada anak SDK Niki-niki saat nanti ujarnya .Iman pun mengharapkan program calistung ini sebagai  budaya Calistung sudah semestinya digerakkan sejak dini agar anak-anak mampu menyelesaikan masalah di kelas. Dengan kegiatan ini, diharapkan anak- anak terlatih dan terbiasa membaca, menulis, dan menghitung sebagai ilmu dasar dalam menempuh pendidikan di sekolah.

Pada kesempatan itu juga pihak Sekolah dan Mahasiswa KKN Menyepakati waktu pelaksanaan kegiatan mengajar selama Tiga hari dalam seminggu dan waktu mengajar mulai dari 09:30 sampai 12:00.

Para mahasiswa Sangat bersemangat dan penuh kreatif  dalam menyajikan  materi kepada adik-adik. . Begitu juga dengan para siswa mereka  sangat antusias dan bersemangat dalam menerima materi yang disajikan oleh para mahasiswa. (TIM/ino)

Komentar ANDA?