Makan Malam Berlebihan Bisa Pengaruhi Fungsi Otak

0
191

TIDAK ada yang melarang untuk makan di malam hari, tapi waspadalah karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa makan terlalu banyak di malam hari bisa berpengaruh pada fungsi otak kita.

Makan malam yang teratur tiap malam sangat dianjurkan dan akan lebih baik jika porsinya tidak berlebihan. Hindari menyantap makanan ringan (ngemil) terlalu banyak jika memang sudah waktunya Anda tidur di malam hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University California, Los Angeles, menemukan bahwa menunda waktu makan sampai larut malam atau menyantap makanan ringan berlebihan di waktu yang seharusnya kita tidur bisa mempengaruhi fungsi kerja otak.

Tuntutan pekerjaan saat ini memang seringkali menuntut kita untuk lembur dan tetap terjaga di malam hari, namun salah satu peneliti dalam penelitian tersebut mengingatkan bahwa tubuh memerlukan siklus tertentu agar kesehatan Anda tetap terjaga. Terlalu sering terjaga di malam hari akan merusak siklus tubuh yang akan memperburuk kesehatan, seperti memicu diabetes tipe 2 dan masalah sistem kekebalan tubuh.

Jadi mulai sekarang, Sebaiknya Anda lebih pintar mengatur ritme kerja, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi agar kesehatan lebih terjaga. Agar tidak mudah sakit, konsumsi pula suplemen kesehatan jika diperlukan. ***

Komentar ANDA?