Manfaat Labu Siam

0
381

KUPANG. NTTsatu – Banyak orang tentu belum mengetahui apa manfaat labu Siam atau yang disebut juga jipang. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang termasuk famili cucurbitaceae. Tanam ini disebut jga labu siam mungkin karena tanaman ini didatangkan dari Siam atau Thailand, sedangkan secara internasional tanaman ini dikenal dengan sebutan chayote.

Ternyata, tanaman yang satu ini memiliki kandungan asam folat termasuk cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gr labu siam cukup untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat. Asam folat ini ternyata sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian tube defects atau gangguan otak.

 

Manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh

  1. Mengendalikan tekanan darah

    Buah labu siam kaya akan kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi dan membersihkan karbondioksida di dalam darah. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

    2. Menurunkan produksi VLDL

    Buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi LDL dan trigliserida dapat menurun.

    3. Membantu metabolisme protein

    Manfaat labu siam untuk membantu metabolisme protein disebabkan buah ini kaya akan vitamin B6 di dalamnya. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi dan deaminasi serta dekarboksilasi asam amino.

    4. Memperbaiki mood

    Manfaat labu siam yang lain adalah bisa memperbaiki mood, kandungan selenium pada labu siam juga cukup baik. Selenium berperan untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk.

    5. Diuretik

    Labu siam juga diketahui memilki efek diuretik, sehingga mampu menurunkan kadar garam di dalam darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap atau menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

    6. Mengurangi asam urat dan diabetes

    Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh. Manfaat labu siam juga baik bagi penderita diabetes. Hal itu disebabkan pada labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan.

    7. Menjaga kesehatan ginjal

    Kandungan air yang tinggi pada labu siam membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

    8. Antimikroba

    Pada labu siam juga terkandung komponen tanin yang bersifat antimikroba, serta alkaloid yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga menegah penyakit stroke.

    9. Menyembuhkan sariawan

    10. Mampu mencegah akan terserangnya penyakit kanker

    11. Mengurangi risiko terserang jantung

    12. Sangat baik dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil muda

    13. Kaya akan serat yang mampu membantu melancarkan pencernaan

    14. Mencegah dan mengobati penyakit wasir

    Sebagai catatan perlu diketahui juga bahwa labu siam tidak cocok diberikan kepada penderita rematik karena sifat dinginnya dapat memicu munculnya gejala sakit. Itulah artikel tentang manfaat labu siam untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. *****

Komentar ANDA?