Masyarakat Ende Antusias Dalam Menyambut Parade Pesona Kebangsaan

0
486

NTTSATU.COM — ENDE — Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Pemerintah Kabupaten Ende menggelar Parade Kebangsaan yang diawali dengan parade Laut yang di Pimpin langsung oleh Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede serta rombongan perwakilan dari Badan Ideologi Pancasila (BPIP) dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Bung Karno Ende, Sabtu (28/5/2022).

Terlihat di Pelabuhan Bung Karno Ende, 135 kapal nelayan yang dihiasi dengan pernik – pernik dan bendera merah putih serta lagu – lagu kebangsaan turut ambil bagian dalam parade tersebut, membuat masyarakat Kabupaten Ende terlihat antusias menyambut parade tersebut.

Setelah tiba di Pelabuhan Bung Karno, Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede beserta rombongan diarahkan untuk naik ke KRI Teluk Banten 516 selanjutnya diterima oleh Bupati Ende, Drs. Djafar Achmad dengan dilakukan upacara penyambutan dan sapaan adat.

Dalam Upacara yang digelar diatas KRI Teluk Banten 516 tersebut, Bupati Ende, Drs. Djafar Achmad mengatakan bahwa parade pesona kebangsaan akan dilangsungkan dengan mengunjungi titik – titik yang pernah dipenggal oleh Bung Karno selama pengasingannya di Kabupaten Ende.

“Sebagai Wujud untuk mengenang jasa Bung Karno maka kita wajib mengunjungi tempat – tempat yang pernah di penggal oleh Bung Karno selama pengasingannya di Kabupaten Ende atau yang sering dikenal dengan sebutan bumi rahimnya pancasila,”ujarnya.

Selain itu, tambah Bupati Djafar, sebagai warga kota Ende harus berbangga karena telah menjadi bagian sejarah terbesar Bangsa Indonesia, dimana dari sudut Kota Ende, tepatnya di bawah Pohon Sukun, telah menginspirasi Bung Karno menemukan butir – butir Pancasila sebagai dasar negara kita.

Direktur Hubungan antar Lembaga dan Kerjasama, Badan Penerapan Ideologi Pancasila (BPIP), Elfanda Herawati Siregar dalam sambutannya mengatakan Pancasila tidak hanya cerita sejarah di masa lalu tetapi cerita tentang masa depan Indonesia dan masa depan Dunia.

Selanjutnya pelepasan peserta parade ditandai dengan pengangkatan bendera wonderfull oleh Direktur Hubungan antar Lembaga dan Kerjasama, Badan Penerapan Ideologi Pancasila (BPIP), Elfanda Herawati Siregar mewakili Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. Drs. KH Yudian Wahyudi, M.A,Ph,D.

Setelah pelepasan Bupati Ende, Drs. Djafar Achmad dan Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede bersama ratusan rombongan parade yang terdiri dari Dinas teknis, lembaga/instasi vertikal, Kecamatan se- kota Ende, Sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA serta Perguruan Tinggi mengunjungi 6 etape napak tilas sejarah Bung Karno dimulai dari Pelabuhan Bung Karno, Kantor Distrik Militer, Rumah Pengasingan Bung Karno, Serambi Bung Karno dan Makam Ibu Amsi serta yang terakhir Taman Renungan Bung Karno.

Terlihat antusias para peserta parade dengan memakai baju bermacam adat daerah dan tarian daerah serta drum band sehingga membuat masyarakat banyak memadati setiap etape dan perjalanan di kota Ende

Salah satu masyarakat Kota Ende dari Kecamatan Ende Utara, Farihudin mengatakan bahwa baru dua kali melihat parade Kebangsaan di Ende dan tahun ini sangat meriah.

“Saya sangat bangga menjadi warga Kota Ende karena tahun ini Bapak Presiden RI, Jokowi Widodo akan mengunjungi Ende, saya berharap bisa berjumpa langsung dengan Bapak Presiden dan tahun ini parade kebangsaannya sangat bagus dan meriah,”katanya.  (ria Prokopim).

Komentar ANDA?