Megawati Tiba-Tiba Semprot Mendagri Tito Karnavian, Ada Apa?

0
775
NTTSATU.COM — JAKARTA –Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyentil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian soal daerah otonom baru (DOB) yang tidak memiliki potensi sejak dimekarkan.
Hal itu diutarakan Megawati dalam acara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang bertajuk “Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA, Setahun BRINteraksi”,
 

Megawati menekankan pentingnya daerah melakukan riset dan berinovasi dalam memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) masing-masing, karena bagaimana jika suatu ketika jika APBN tidak ada, bagaimana nasib APBD jika daerah tidak punya potensi.

“Bagaimana kalau suatu ketika APBN kita tidak ada duit, APBD-nya mau bagaimana? Mari kita pikirkan sama-sama. Pikirkan sama-sama kalau daerah situ tidak punya sama sekali potensi, apa yang mau dijalankan. Apa mau dijalankan?,” kata Mega secara daring, Rabu (20/4/2022).

Presiden RI ke-5 ini pun menegur Mendagri Tito Karnavian, menurutnya persoalan daerah ini sebuah permainan pikiran saja dan ini untuk kepentingan rakyat, bukan elitenya. Kalau daerah dari dimekarkan sampai sekarang tidak punya potensi, bagaimana kalau daerah itu dikembalikan saja.

“Sampai saya ini, ini Pak Tito hanya sebagai sebuah permainan pikiran, saya sampai pikir begini, ini kepentingan rakyat loh, bukan elitenya. Saya sampai pikir begini, kalau daerah tidak punya potensi dari dulu sampai sekarang begitu saja, bagaimana kalau dikembalikan?,” tukasnya.

Dikatakan Mega, karena sebuah permainan pikiran, maka tentu ada yang menjalankan. Oleh karena itu, rakyatnya kasihan jika daerah tersebut tidak kunjung berkembang. Dan ini menjadi tantangan bagi semua pihak, bukan hanya partai politik.

“Kasihan kan rakyatnya. Ini tantangan lho. Buat siapa? buat semua, ndak melalui partai-partai. Jadi ndak ada politik. Mau diapakan, kan yang bukan yang sengsara rakyatnya di daerah itu,” tegas Mega.

“Jadi mari kita menjadi para negarawan di republik Indonesia yang hanya me.. me apa? memikirkan rakyatnya? siapapun, terserah, sudah ada jalannya nanti ada pemilu,” tandasnya. (Okezone/bp)

Komentar ANDA?