Mekeng Berhasil Bawah  Dana Inpres Sebesar Rp78 Miliar ke Lembata 

0
619

 

Jatah dana Inpres bagi Lembata yang diperjuangkan Melchias Mekeng ini diperuntukan bagi pembenahan tiga ruas jalan di Lembata.

Kepada wartawan, kemarin, Ketua DPRD Lembata Petrus Gero yang menerima telpon dari Mekang menjelaskan, politisi Golkar di Komisi XI DPR RI itu berhasil menggaet Rp 78.995.000.000, untuk pembenahan tiga ruas jalan di Lembata. Tiga ruas jalan itu sudah terdata pada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan sudah mencapai 95 persen.

“Pa Mekeng sampaikan bahwa dari indikasi ruas jalan yang boleh dikatakan mendapat anggaran Inpres yang ada di Kabupaten Lembata dengan nilai total 78.995.000.000,” ungkap Petrus Gero.

Gero menjelaskan, untuk mendapatkan Dana Inpres, Pemkab Lembata mengajukan usulan pembenahan 6 ruas jalan. Untuk mengawal usulan tersebut, Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa bersama Ketua DPRD Lembata Petrus Gero langsung bertemu Melchias Mekeng di Jakarta pada Februari lalu.

“Kami meminta dukungan Pa Mekeng, sekaligus mengawal usulan kami. Ini penting, karena 514 kabupaten di Indonesia memperebutkan Dana Inpres itu,” ujar Gero.

Gero yang juga Ketua Partai Golkar Kabupaten Lembata ini memberikan apresiasi atas perjuangan total dan sungguh-sungguh Melchias Mekeng, sehingga Lembata mendapat perhatian pemerintah pusat melalui Dana Inpres.

“Kita berdoa dan berharap mudah-mudahan Pa Mekeng terus mengawal sampai akhir April nanti ada keputusan final untuk ditetapkan dalam program Inpres,” kata Petrus Gero.

Atas nama masyarakat Lembata dan lembaga DPRD, Petrus Gero berkali-kali menyampaikan terima kasih karena Melchias Mekeng sangat mendengar aspirasi masyarakat Lembata, lalu memperjuangkan secara total sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Gero juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, yang memberikan kesempatan kepada daerah-daerah memanfaatkan anggaran pusat melalui program peningkatan jalan.

Dia menambahkan, infrastruktur jalan daerah yang sedang dikerjakan pada TA 2022-2023 menggunakan dana PEN, juga merupakan dukungan luar biasa dari pemerintah pusat, termasuk peran Melchias Mekeng.

Tiga ruas jalan yang diperjuangkan Melchias Mekeng, dan sudah tercatat pada Bapppenas yakni, pertama, Simpang Waikomo-Belobatang-Wulandoni senilai Rp 45.500.000.000. Kedua, Simpang Watokobu-Labanobol-Paobokol senilai 19.495.000.000. Dan ketiga, Simpang Tapobaran, Lodotodokowa-Nilanapo-Bean-Tobotani-Hadingmanuk, mendapat alokasi anggaran 14.000.000.000. (MN/nttsatu)

Komentar ANDA?