Memotivasi Pemuda TTU, Yoseph Tabu Bangun Kebun Eden 

0
451
NTTsatu.com KUPANG –– Mengenakan baju biru bergaris hitam dan celana panjang jeans, Yosef Tanu masuk ke kebun miliknya yang dinamai Kebun Eden.

Di Kebun Eden milik Yosef Tanu dipenuhi tanaman pisang dan pepaya di lahan seluas sekitar 3 hektare (Ha). Warga yang datang di lokasi akan disuguhi buah pepaya hasil dari Kebun Eden itu.

Kepala bagian umum Setda Timor Tengah Utara (TTU) itu membangun kebun eden untuk memotivasi petani daerah itu agar memanfaat lahan tidur yang ada, menjadi lahan produktif.

“Orang TTU biasanya harus melihat dulu baru mau bekerja. Makanya saya buat kebun sebagai motivasi bagi pemuda untuk mau berkebun,” kata ayah tiga anak itu, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Bertani adalah hobi dari Yosep yang telah menekuni bidang pertanian sejak 2005. Awalnya bekerja di sawah, namun pada 2016, dirinya mulai menekuni tanaman holkultura, seperti sayuran dan lombok.

“Saat itu, saya masih menjadi ajudan Bupati TTU. Sehingga waktu luang bisa untuk berkebun,” ujarnya.

Namun dengan berjalannya waktu hingga menjabat sebagai Kabag Umum, membuat dirinya kesulitan waktu untuk berkebun, sehingga dia beralih ke tanaman pisang dan pepaya.

“Setelah jadi Kabag, waktu untuk berkebun sulit sekali,” ujar pria tamatan STPDN itu.

Dari kebun Eden miliknya, setiap hari Yosep memanen pepaya dan pisang antara 50-70 kilogram (Kg). Namun, tidak semua buah pepaya di jual oleh Yoseph, karena sebagian dimanfaatkan untuk warga.

“Panen saya batasi, sehingga pepaya bisa dimanfatkan juga untuk orang lain ketika berkunjung,” kata pria 40 tahun itu.

Dengan hasil yang tekah dinikmatinya, maka dia mengajak pemuda di daerah itu untuk bersamanya memanfaatkan lahan tidur yang ada sebagai lahan pertanian.

“Potensi perkembangan pertanian di TTU masih sangat terbuka. Lahan tidur masih sangat luas, yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” kata Bakal calon wakil Bupati TTU itu. (*/bp)

Komentar ANDA?