Mendidik Kemandirian Lewat Perkemahan

0
286

KUPANG. NTTsatu.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Taibenu ,kecematan Taibenu kabupaten Kupang ,menggelar perkemahan gabungan tingkat Sekolah Dasar (SD),SMP, dan SMA se Kecamatan Taibenu.

Kegiatan perkemahan gabungan yang digelar setelah ujian semester ini, dalam rangka untuk mendidik  kemandirian ,mental, karakter dan moral para siswa-siswi.

Kepala UPTD Kecamatan Taibenu , Semuel Nesimnahan pada acara pembukaan perkemahan gabungan yang digelar di halam sekolah SMA Negeri 1 Taibenu ,dalam sambutanya,mengatakan kegiatan yang dilakukan ini bukan kegiatan biasa, namun kegiatan ini merupakan bagian dari melatih mental ,dan kepribadian para siswa-siswi agar mereka nanti bisa hidup di tengah lingkungan masyarakat dengan baik.

“Kegiatan ini dengan tujuan agar suatu kelak para siswa-siswi keluar dari lembaga pendidik sudah bisa memiliki krakter dan jati diri yang baik di tengah masyarakat ,dengan rasa persatuan dan rasa kekeluargaan,” katanya.

Ia mengharapkan, melalui kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini benar-benar di ikuti para siswa-siswi. Kegiatan perkemahan gabungan dari semua sekolah di kecamatan taibenu ini, menjadi kegiatan pertama yang dilaukan oleh seklah-sekolah secara terpadu di Kabupaten Kupang.

Terpisah Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri  1 Taibenu, Adriana A. Tahun mengatakan, kegiatan perkemahan  gabungan yang digelar  iini diikuti dua SMA yakni SMA Negeri 1 Kupang Tengah dan SMA Negeri 1  Taibenu.Sedangkan untuk tingkat SD sebanyak  6 SD dan lima SMP yang berada di Kecamatan Taibenu.

“ Kegiatan ini dalam rangka memupuk metal,krakter dan moral ,sehingga setelah keluar dari lembaga pendidikan mereka tidak hanya mempunyai pendidikan tetapi krakter mereka bisa baik ditengah masyarakat dan keluarga. Kegiatan yang digelar ini hanya sebagai bekal bagi mereka dikemudian hari,” katanya.

Ia mengaku, dalam dunia pendidikan ,harapan sekolah agar mereka sebagai harapan bangsa tidak hanya ilmu yang dibawah tetapi krakter dan mental mereka bisa diasa guna bisa menjadi teladan bagi diri mereka sendiri dan di lingkungan masyarakat serta ditengah keluarga.

“Untuk SMA Negeri 1 Taibenu sudah banyak prestasi yang diraih, yakni juara I lomba pramuka tingkat Kabupaten Kupang tahun 2013-2015, juara II drum band tingkat provinsi, dan juara 1 silat tingkat Kabupaten Kupang, juara 4 lomba pidato kepahlawanan tingkat provinsi,” katanya.

Selain itu ,dalam lomba paduan suara  SMA negeri 1 Taibenu juga mengukir prestasi yakni pada tahun 2011 meraih juar II antar sekolah tingkat Kabupaten Kupang, tahun  2013 juara 1 dalam lomba lagu perjuangan tingkat provinsi , tahun 2014 meraih juara III lomba lagu perjuangan tingkat sekolah tingkat Kabupaten Kupang ,dan di tahun 2015 memperoleh medali emas pada lomba pesparawai antar sekolah tingkat kabupaten Kupang .

“Prestasi yang di raih ini ,meraupakn berkat kerja keras dan bimbingan dari para guru seperti untuk pramuka dibimbing oleh wakasek kesiswaan,Kamaludin Ratu dan untuk Paduan suara di bimbing oleh guru pendamping ,Erasmus Palo,” katanya. (rif)

 

 

Komentar ANDA?