Mendikbud Akan Luncurkan Program Ende Learning

0
378

KUPANG. NTTsatu.com – Jika tidak ada hambatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan pada 17 Agustus 2015 akan meluncurkan program Ende Learning.

Bupati Ende, Ir Marsel Petu yang dihubungi Rabu, 12 Agustus 2015 mengatakan, sejak beberapa waktu lalu dia gencar melakukan sosialiasi program pendidikan berbasis android yang dikenal dengan program Ende Learning. Sosialisasi itu dilakukan di sekolah-sekolah di Kabupaten Ende mulai dari Kota Ende.

Dia mengakui, kalau rencananya program tersebut akan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan pada 17 Agustus 2015. Jika ini terjadi maka kabupaten Ende merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang menjalankan program pendidikan berbasis android.

Dia menjelaskan, program ini disiapkan karena dia menilai sangat penting dan strategis dalam upaya mendorong anak didik untuk terus belajar menggunakan berbagai cara yang berwawasan intelektual. Dan salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi informasi.

Bupati Marsel Petu mengatakan, aplikasi pembelajaran yang dinamakannya Ende Learning ini merupakan sebuah terobosan inovasi pembelajaran yang masih sangat baru dalam dunia pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Ende dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Menurutnya, program ini memang penting untuk semakin meningkatkan daya serap bagi pendidik dan peserta didik atas materi yang diajarkan meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Dalam program Ende learning ini akan disediakan dalam dua bentuk yakni dalam bentuk online (menggunakan internet untuk mengakses) dan dalam bentuk offline (di instal pada perangkat elektronik yang menggunakan sistem operasi android),” jelasnya.

Program ini juga akan memudahkan pendidik dan anak didik untuk memperoleh materi pembelajaran tambahan memudahkan melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuaan, menghemat biaya pendidikan seperti peralatan, buku buku serta memberikan kesempatan bagi anak anak untuk belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja.

“Kita berharap program ini akan membawa hasil maksimal untuk pengingkatan kualitas anak didik di daerah ini,” harap Marsel. (bp)

=====

Foto: Bupati Ende, Marsel Petu

Komentar ANDA?