Menpar Resmikan 6 Paket Wisata Bahari Baru Kapal Pelni Termasuk Labuan Bajo

0
176
Foto: Suasana peresmian 6 paket wisata bahari baru PT Pelni (ist)

NTTsatu.com – Jakarta – Menetri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan 6 paket wisata bahari baru PT Pelni. Ini adalah salah satu cara untuk mendatangkan banyak turis.

Di area lantai 2 Gedung Ecovention, Ecopark Ancol, Jakarta tempat digelarnya ajang Rakornas Pariwisata, digelar pula acara Wonderful Indonesia Travel Fair. Menpar Arief Yahya pun menyempatkan diri untuk berkeliling selepas memberi Keynote Speech.

Tepat di depan booth milik PT Pelni, Arief berhenti karena didaulat untuk meresmikan 6 paket wisata bahari baru milik PT Pelni. Bertemakan ‘Ship Experience: New Way to Explore Wonderful Indonesia’, PT Pelni menghadirkan tiga destinasi baru: Bandaneira, Derawan dan Labuan Bajo, selain destinasi utama yaitu Raja Ampat, Wakatobi, dan Karimun Jawa.

Setelah menggunting pita, Arief Yahya memberikan saran-saran agar ke depannya PT Pelni bisa memperbaiki diri dan lebih dilirik wisatawan di masa depan.

“Anda tidak akan bisa bersaing dengan LCC. Saran saya, stay aja di Komodo, stay di Raja Ampat, harus ada paket-paket wisata yang menarik, cruising di destinasi-destinasi wisata,” saran Arief di depan booth PT Pelni, Kamis (15/9/2016).

Arief mengakui sulit bagi PT Pelni bila ingin bersaing dengan pesawat, atau cruise. Menurutnya, pasar untuk PT Pelni masih ada, tapi tidak terlalu besar. Tapi ini justru tantangan bagi PT Pelni untuk membuktikan diri mampu menarik wisatawan.

“Niche market untuk ini ada, tapi itu tidak besar. Kadang ada, tapi ya 6 bulan sekali,” kata Arief.

Arief juga mengomentari tentang website baru PT Pelni, dimana di website tersebut traveler bisa memesan langsung tiket kapal secara online, sekaligus dengan paket wisatanya. Arief mengkritik cara seperti ini tidak efektif, dan cost promosinya terlalu tinggi.

“Kamu jangan buka toko di tengah sawah, tidak ada yang mau beli. Bikin toko itu di mal. Nanti kita bantu promosiin,” ujar Arief.

‘Mal’ yang dimaksud Arief adalah digital marketplace yang dirancang Telkom dan Kemenpar, yaitu ITX (Indonesia Tourist Xchange). Sebuah mal digital yang akan mewadahi pihak buyer dan seller yang ingin bertransaksi pariwisata secara digital.

Jajaran PT Pelni yang hadir saat itu tampak serius mendengarkan saran Menpar, dan berjanji akan mengikuti saran tersebut. Paket Wisata Bahari PT Pelni Tahun 2016 dimulai oleh Paket Labuan Bajo yang akan diselenggarakan 21-24 September, disusul kemudian oleh Paket Derawan dan Paket Karimun Jawa (Oktober), Paket Raja Ampat dan Wakatobi (November), dan terakhir Paket Bandaneira (Desember).

Setiap paket wisata didukung oleh kapal Pelni yang secara eksklusif melayani peserta Paket Wisata Bahari PT Pelni tahun 2016 berkeliling lokasi wisata terbaik di tiap destinasi. (detik.com/bp)

Komentar ANDA?