Musim Hujan, Jalan Ruteng – Reo Rawan Longsor

0
159

RUTENG. NTTsatu.com – Musim penghujan di wilayah Kabupaten Manggarai menimbulkan jalan negara Ruteng –Reo  rawan dengan bencana longsor. Transportasi   jurusan ini terpaksa harus macet, dan harus ekstra hati-hati di beberapa titik rawan longsor.

Pantauan NTTSatu.com , Minggu (21/2), longsor terjadi di beberpa titik  diantaranya di Poco Desa poco dan Ndehes Kecamatan Wae Ri’I. Longsor  paling parah terjadi di wilayah Gapong  dan ini selalu terjadi setiap tahun termasuk longsor kecil di beberpa titik sebelum masuk ibu kota kecamatan Reok.

Sementara itu  Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manggarai selalu menyiagakan alat berat di beberapa titik sekitar wilayah Gapong  dan  kecamatan wae Ri’I.

Kehadiran alat berat bisa membantu meminimalisir resiko terjadinya longsor yang bisa mengakibatkan putus total jalur transportasi darat di rute tersebut.

Alat berat  yang disiagakan di wilayah sekiatar Gapong membuat antrian tidak terjadi dalam waktu  lama. Para pengendara harus bisa menunggi sekitar setengah hingga 2 jam. Namun kondisi ini harus tetap diwaspasai karena dikuatirkan ketika terjadi longsor dan material longsoran menutup badan jalan maka  alat berat tidak bisa bekerja dengan baik,

Moses Jago (32) seorang sopir travel  Ruteng –Reo kepada NTTSatu.com, Selasa (23/2)  mengatakan jalan negara  Ruteng –Reo  merupakan jalur rawan longsor disaat musim hujan  dan antrian kendaraan terjadi hingga 2 jam.

“Disaat musim hujan hal yang sama selalu terjadi di wilayah seputaran Gapong. Kita harus rela menunggu hingga 2 jam baru bisa lewat,” ujarnya.

Dia mengatakan, masalah longsoran itu selalu terjadi setiap tahun, karena itu pemerintah harus memberikan perhatian serius sehingga arus transprtasi tidak bisa terhambat seperti ini.

“Kita takut kalau tiba-tiba longsor disaat kendaraan lewat di badan jalan, pastinya dapat menyebabkan kecelakaan karena bencana longsor,” ujarnya.

Dia berharap Pemerintah menemukan solusi dari masalah di Gapong dengan adanya jalan alternative. “Kita jangan tunggu sampai bencana longsor terjadi baru mengambil langkah,” ujarnya. (mus)

=====

Keterangan Foto : Longsor Di Poco Kecamatan Wae Ri’I, tampak alt berat sedang menggusur material longsoran

Komentar ANDA?