Naiknya Harga Beras Membuat Inflasi Maret Kota Maumere  1,09 Persen

0
354

NTTSATU.COM — ENDE — Memasuki bulan Ramadan Maret tahun 2023, Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 1,09 persen dibanding Februari. Kondisi ini menggambarkan bahwa tingkat harga di Kota Maumere pada bulan Maret secara umum mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Penyebab terjadi inflasi di Kota Maumere didominasi dari Kelompok Bahan Makanan, khususnya harga beras yang mengalammi peningkatan sebesar 0,40 persen. Selain itu, fenomena musiman memasuki bulan Ramadan juga turut mendorong terjadinya peningkatan harga khususnya dari Kelompok Transportasi (tiket pesawat dan harga sepeda motor). Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Stasitik Kabupaten Sikka Kristanto Setyo Utomo SST.MSi lwat rellis berita resmi statitik 3/04/2023.

Kalau dilihat dari sub kelompok menurut Kristanto ada bebrapa yang mengalami peningkatan harga adalah sub kelompok listrik dan bahan bakar rumah tangga, sub kelompok pakaian, sub kelompok sewa dan kontrak rumah, sub kelompok barang pecah belah dan peralatan makan minum, sub kelompok jasa pelayanan makanan dan minuman.

Beberapa komoditas pada sub kelompok yang mulai mengalami kenaikan harga pada masing-masing sub kelompok ini masih berkaitan dengan fenomena musiman bulan Ramadan.

Jika dilihat secara tahunan (YoY), pada Maret 2023 Kota Maumere mengalami peningkatan harga yang relatif tinggi yaitu mencapai 6,39 persen dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan harga yang signifikan dibanding tahun sebelumnya ini harus menjadi perhatian serius semua pihak agar daya beli masyakat tetap stabil.

Oleh karena itu, pemerintah bersama stakeholder terkait harus waspada dan mengantisipasi agar dapat menjaga kestabilan harga di Kota Maumere. Adanya peluang penambahan stok beras pada musim panen yang biasanya terjadi pada bulan Maret dan April diharapkan dapat membantu meredam kenaikan harga beras. Sedangkan beberapa komoditas musiman menjelang hari raya Idul Fitri yang berpeluang memicu terjadinya inflasi juga harus dapat dijaga ketersediaan dan diantisipasi jika terjadi kenaikan harga yang relatif tinggi.  (ino)

Komentar ANDA?