NasDem Dorong Calon Kepala Daerah Berkapabilitas

0
142
Sekretaris DPW Nasdem NTT, Alex Take Ofong

KUPANG. NTTsatu.com – Salah satu kriteria yang dipakai Partai NasDem untuk menetapkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada bursa suksesi pemilu kada termasuk di Kota Kupang, Kabupaten Lembata dan Flores Timur tahun 2017 adalah figur yang memiliki kapabilitas yang terukur.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, Alex Take Ofong kepada wartawan di Kupang, Jumat (27/5)

mengatakan, kriteria lainnya adalah figur calon yang didukung harus juga punya kompetensi, integritas yang teruji, dan punya jaringan, serta memiliki daya terima yang cukup baik di masyarakat. Hingga kini partai belum memutuskan figur calon mana yang akan diusung pada bursa suksesi pemilu kada tiga daerah yang digelar tahun 2017 mendatang.

“Penetapan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah menjadi kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem. DPP masih melihat dinamika yang terjadi dan meminta DPW untuk melakukan pemetaan terhadap semua bakal calon yang telah mendaftar di NasDem,” kata Alex.

Wakil Ketua DPRD NTT ini menjelaskan, untuk pemilu kada di Kabupaten Flores Timur, DPP NasDem sedang melakukan survei terhadap semua bakal calon yang telah melamar ke partai. Memang sebelumnya telah dilakukan survei awal, tapi belum menemukan figur tepat yang akan diusung. Pasalnya, massa mengambang masih cukup besar yakni di atas 60 persen. karena itu harus dilakukan survei ulang untuk mengerucut ke sejumlah nama.

“Tidak etis saya menyebut dukungan partai akan mengerucut ke figur mana yang akan diusung. Karena DPP yang punya kewenangan untuk menetapkan cakal calon yang akan didukungan,” ujar Alex.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Flores Timur, Lembata dan Alor ini menyampaikan, sambil menunggu hasil survei, NasDem juga melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai. Pasalnya, di DPRD Flotim NasDem hanya memiliki empat kursi dan harus tambah dua kursi. Sejumlah partai yang dibangun komunikasi antara lain PKB, Hanura, Partai Demokrat, dan PKPI.

Selain itu, lanjut Alex, partai juga akan melihat keputusan partai politik lain yang telah menetapkan bakal calonnya, seperti PDIP dan Gerindra. Tentunya keputusan yang akan diambil, dilandasi prinsip kehati- hatian mengingat survei awal menggambarkan elektabilitas semua bakal calon masih sangat rendah. Dengan demikian, semua bakal calon memiliki peluang yang sama untuk menang. Sehingga dibutuhkan variabel- variabel lain untuk mengambi keputusan secara tepat.

“Tentunya figur yang diusung dilandasi sebuah keyakinan bahwa mampu membawa Flotim ke arah yang lebih baik,” kata Alex.

Sementara itu untuk Kabupaten Lembata, Alex akui partai belum lakukan survei. Tapi komunikasi politik yang ada, akan mengusung kader partai, yakni Thomas Ola Langoday. Karena itu, Thomas diminta gencar melakukan sosialisasi. Partai juga sedang membangun komunikasi dengan sejumlah partai antara lain, PKPI, Hanura, PKS, PPP, dan Gerindra. Selain itu, tetap memantau perkembangan partai lainnya yang telah memutuskan untuk mengusung bakal calonnya.

Alex menambahkan, untuk pemilu kada Kota Kupang, partai melakukan survei terhadap semua bakal calon wali kota yang telah mendaftar dan sejumlah pasangan calon potensial. Hasil survei akan dipadukan dengan pemetaan- pemetaan lain. Setelah itu diputuskan dalam rapat pleno DPP yang diperluas soal siapa yang akan diusung Partai NasDem.

Wakil Ketua DPD PDIP NTT, Gusti Demon Beribe menyampaikan, partai belum memutuskan bakal calon yang diusung partai. Walau sudah ada sinyal yang menunjukkan figur yang diusung, tapi harus dibuktikan dengan keputusan DPP. Karena DPP yang memiliki kewenangan untuk menetapkan figur mana yang akan diusung dalam hajatan pemilukada Kota Kupang, Lembata dan Flotim.  (bp)

Komentar ANDA?