Nasdem Gelar TOT Saksi Pengawal Pilkada

0
611
Foto: Bakal Calon Gubernur NTT, Viktor Laiskodat foto bersama para peserta Rakorsus dan TOT Para Saksi usai pembukaan dan pelantikan KSN Provinsi NTT di Kupang, Rabu, 16 Januari 2018

NTTsatu.com – KUPANG – Partai NasDem menyiapkan sedikitnya 205 kadernya dengan pelatihan training of Trainer (TOT). Pesrta TOT ini kemudian akan memberikan pelatihan kepada para saksi di daerah masing-masing.

Pelatihan ini digelar di Kantor NasDem NTT, Selasa, 16 Januari 2018. Sebanyak 205 peserta TOT ini datang dari 22 Kabupaten/Kota termasuk kader di DPW NasDem NTT. Dalam pelatihan sehari penuh ini menghadirkan pelatih dari DPP NasDem yakni, I Gusti Putuh Artha yang menjabat sebagai Ketua Komisi Saksi NasDem (KSN) Pusat.

Bakal Calon Gubernur NTT, Viktor Laiskodat yang hadir pada pembukaan kegiatan ini menyatakan, dalam menghadapi pemilu kepala daerah (Pilkada) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) 2018, dan pemilu legislatif serta presiden 2019, Partai Nasdem memperkuat saksi yang akan berada di lapangan.

Penguatan saksi itu dibuktikan dengan dilantiknya Komisi Saksi Nasdem (KSN) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Selasa, 16 Januari 2018.

“Kelemahan Nasdem pada pemilu lalu tidak bisa mengawal suara Nasdem dengan baik. Itu karena kurangnya pembekalan saksi yang memadai. Karena itu, saat ini kita lakukan pembekalan saksi sejak dini,” katanya.

Laiskodat juga berpesan agar saksi harus menyiapkan dirinya bekerja secara baik, dan memastikan seluruh suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak hilang. “Saya ingatkan para saksi di kampung agar jangan mabuk- mabukan sebelum pemilihan, tetapi bekerja serius mengawal suara itu hingga selesai tugas dan tanggungjawab masing-masing,” tegasnya.

Pelatihan ini, kata dia, sangat penting, karena jika saksi lemah maka akan sangat sia- sia. Karena itu, dia mengingatkan pentingnya pelatihan. “Sangat luar biasa, pentingnya saksi. Jadi harus diikuti dengan sungguh- sungguh,” katanya.

Dia mengajak seluruh saksi untuk memastikan suara paslon Nasdem pada Pilgub NTT. Tidak hanya itu, karena saksi ini juga akan dilanjutkan pada Pileg dan Pilpres 2019.

“Kita harus pastikan suara kita. Juga pekerjaan lanjutan, sepeti pileg dan pilpres,” tegasnya.

Sementara Ketua DPW NasDem NTT, Jacki Uly mengatakan, Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) ini sangat penting untuk mencapai kemenangan yang jujur. Karena itu Rakorsus yang diikuti dengan TOT ini menjadi penting dan dihaparkan peserta mengikutinya  dengan baik karen akan menjadi pelatih di daerah masing-masing. (bp)

Komentar ANDA?