Nelayan Asal Witihama Selamatkan Duyung di Selat Lewoleba

0
275
Foto: Upaya pelepasan ikan duyung ke perairan Meko (Foto: Ist)

NTTsatu.com – Ali Baba Dueng (55), Nelayan asal Desa Waiwuring, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur (Flotim), berhasil menyelamatkan seekor ikan duyung (dugong dugon) yang terapung di perairan selat Lewoleba pada, Jumat (2/11/2017) sekitar pukul 15.00 Wita lalu.

Kepala Bidang Pengawasan Sumber Daya Perikanan dan Perizinan Dinas Perikanan Flotim, Dus Demor, mengatakan, ikan duyung tersebut ditemukan pada saat Ali bersama anaknya mau menarik pukat milik mereka.

Tiba-tiba mereka melihat seekor ikan duyung muncul perlahan ke permukaan dengan posisi terapung ke atas dengan kondisi lemah.

“Karena melihat terapung terus menerus ke permukaan, mereka akhirnya menolongnya,” ungkap Dus Demor seperti dilansir florespost.co pada Selasa (7/11/2017).

Atas temuan tersebut, Ali Baba bersama anaknya langsung melaporkan hal ini kepada Kepala Desa Waewuring dan Pokmaswas Waewuring dan diteruskan ke Dinas Perikanan Flotim.

Ia melanjutkan, tim yang terdiri dari Pengawasan Sumber Daya Perikanan dan Perizinan Dinas Perikanan Flotim, anggota Pol Air Polda NTT, anggota Satwas PSDKP Larantuka, dan WCS langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Foto: Upaya pelepasan ikan duyung ke perairan Meko (Foto: Ist)

“Tim langsung melakukan identifikasi dan pengecekan duyung dengan ukuran panjang total 118 cm, lingkar badan 80 cm, lebar  ekor 30 cm, lingkar kepala 50 cm, panjang tungkai 22 cm,” jelas Dus Demor. (*/rin)

Komentar ANDA?