Nikmati Jajan Air Mata Untuk Buka Puasa

0
198
Foto: Lokasi Pusat Jajan Air Mata yang selalu ramai sepanjang bulan puasa Umat Islam

KUPANG. NTTsatu.com – Warga Muslim Kota Kupang yang sedang berpuasa, setiap tahun selalu mendatangi pusat Jajan Air Mata Kota Kupang. Di tempat ini dijual anekan kue untuk berbuka.

Lokasi strategis di depan bekas Kantor Bupati Kupang sudah puluhan tahun menjadi lokasi jajan khas yang dibuka setiap bulan Puasa bagi Umat Islam. Aneka kue dijual warga seputaran wilayah Air Mata yang mayoritas beragama Islam.

Ibu Suti Nur asal Bima, Nusa Tenggara Barat yang ditemui NTTsatu.com di lokasi pusat Jajan Air Mata, Selasa, 07 Juni 2016 petang mengatakan, lokasi ini sudah lebih dari 20 tahun menjadi tempat usaha ibu-ibu di wilayah Air Mata dan sekitarnya untuk menyediakan kemudahan bagi sesama umat Muslim ketika menjalani masa puasa.

“Kami jual aneka kue di tempat ini sejak lama dan hanya beberapa ibu saja. Kue-kue yang kita siapkan selalu saja habis dibeli. Namun belakangan ini semakin banyak penjual sehingga penghasilan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata ibu Siti.

Penjual lainnya, ibu Habiba dari Lamahala, Adonara, Flores Timur ini mengakui, lokasi jajan Air Mata ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan tetap eksis sampai sekarang.

“Kalau pada bulan puasa banyak yang menjual aneka kue di tempat ini. Namun kalau masa-masa biasa hanya sekitar empat sampai enam orang penjual kue di lokasi ini. Lokasi ini selain menjadi tempat kami mencari rejeki, juga menjadi tempat pelayanan kepada sesama Muslim yang tidak memiliki kesempatan untuk membuat kue demi kepentingan berbuka,” kata Habiba.

Pantauan NTTsatu.com, sejak pukul 16.00 wita lokasi Pusat Jajan Air Mata Kupang ini mulai didatangai pembeli. Bahkan hingga jam berbuka, banyak yang berkuka di lokasi iji karena para penjual juga menyiapkan bangku dan meja untuk kepentingan berbuka. (bp)

Komentar ANDA?