Novanto Kunjungi Anak Yatim Piatu, Petani dan Pemulung di Kupang

0
516
Foto: Setya Novanto foto bersama anak-anAK Panti Asuhan Sonaf Manekan ketika berkunjung ke tempat ini, Senin, 13 November 2017

NTTsatu.com – KUPANG – Ketua DPR RI, Setya Novanto, Senin, 13 November 2017 dalam masa resesnya mengunjungi anak-anak yatim piatu di Pantia Asuhan Sonaf Maneka, Kota Kupang kemudian mengunjungi petani di desa Noelbaki Kabupaten Kupang dan para pemulung di Oesapa Barat, Kota Kupang.

Di Panti Asuhan Katolik Sonaf Maneka, Kelurahan Lasiana Kota Kupang, Novanto yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar memberikan kekuatan kepada 138 anak-anak penghuni panti yang dikelola Blasius Umbu.

“Anak-anak harus  yang memliki semangat belajar untuk mengejar cita-cita hidup mereka. Jangan putus asa dengan apa yang kalian alami, disini tempat barumu untuk terus berjuang,” kata Novanto yang didampingi wakil Ketua Baleg DR RI yang juga anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagiyo.

Di panti asuhan ini Novanto memberikan bantuan sejumlah uang yang diserahkan langsung kepada Blasius Umbu selaku ketua Yayasan Sonaf Maneka yang mengelola Panti Asuhan ini.

Novanto yang sempat melihat dapur Panti ini yang selama ini proses masak memasak menggunakan kayu api, dia berjanji akan memberikan bantuan kompor untuk Panti Asuhan ini. Selain itu juga dia bersedia mensponsori pembangunan pagar Panti Asuhan.

Foto: Ketua DPR RI, Setya Novanto melakukan panen raya padi verietas Ciheren di lokasi persawahan dusun Air Sagu, desa Noebaki Kabupaten Kupang, 13 November 2017

Panen Padi Ciheran

Usai dari Sonaf Maneka, Setya Novanto dan rombongan menuju desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang untuk melakukan panen raya padi Verietas Ciheran yang ditanam kelompk usaha tani Air Sagu di lokasi persawahan Noelbaki. Di tempat itu juga Novanto mendengarkan masukan dari para petani tentang usaha mereka selama ini.

Kelompok Usaha Tani Air Sagu yang diketuai Octory Gaspers melaporkan berbagai masalah yang dihadai para petani di daerah ini terutama tentang persediaan air, saluran sekunder dan tersier yang sering mengalami masalah hingga pembangunan bendungan.

Novanto memberikan kesempatan kepada Firman Subagiyo, anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian untuk menjawabi berbagai keluhan masyarakat petani yang disampaikan dalam dialog usai panen rapa.

Firman mengatakan, keluhan para petani ini akan ditindak lanjuti dengan baik dan cepat jika disampaikan dalam bentuk proposal kepada Kementerian Pertanian juga kepada kementerian PU.

“Silahkan tuangkan semua itu dalam bentuk proposal. Proposal untuk setiap kementerian itu jangan dikirim saja ke Kementerian tetapi sampaikan kepada saya, dan saya akan koordinasikan dengan Kementerian yang ada. Kalau tana melalui kami di DPR RI biasanya akan  lama dan sulit terjawab, Berikan proposal itu kepada saya, saya akan segera tindaklanjuti,” kata Firman.

Foto: Setya Novanto foto bersama para pemulung kota Kupang saat bertemu mereka di Oesapa Barat, 13 November 2017

Jangan Sepelehkan Pemulung

Saat mengunjungi para pemulung Kota Kupang di Kelurahan Oesapa Barat, Ketua DPR RI Setya Novanto mendapatkan gambaran tentang perjuangan hidup pemulung yang disampaikan koordinaor pemulung Kota Kupang, Yoseph Blikololong.

Yoseph menjelaskan, pemulung bukan sebuah pekerjaan hina, tetapi pemulung juga mempunyai kontribusi untuk kota Kupang ini. Kami hidup dengan pekerjaan ini, tapi kami ikut mejjaga kebersihan kota ini,” kata Yoseph.

Yoseph yang berhasil membangun dua sekolah dari hasil kerjanya sebagai pemulung itu hanya berharap agar Setya Novanto memberikan perhatian kepada para pemulung di Kota ini.

Novanto mengapresiasi permintaan Yoseph dan berjanji akan memberikan beasiswa kepada anak-anak pemulung Kota Kupang. Dia memina Yoseph untuk mengirimkan nama anak-anak dari keluarga pemulung untuk mendapatkan beasiswa tersebut. (bp)

Komentar ANDA?