NTT Dapat Satu Lagi Kapal Feri

0
747
Foto: Ketua Komisi V DPR RI, Farry Francis ketika mengunjungi KMP Lakaan di Pelabuhan Penyeberangan Bolok (fota: lintasntt.com)

KUPANG. NTTsatu.com – Setelah tahun 2015 lalu masyarakat Nusa Tenggara Timur (ntt) mendapatkan Kapal Feri Ile Labalekan, tahun ini ditambah satu lagi Kapal Feri bernama Lakaan.

Kapal baru ini merupakan hasil perjuangan putra NTT,  Farry Francis yang adalah anggota DPR RI dan menjabat sebagai Ketua Komisi  V DPR RI. Kapal ini direncanaka akan melayani rute pelayaran Kupang – Naikliu – Ndana, PP.

Fary Francis ketika mengunjungi Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lakaan di Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Kupang, Sabtu (14/1/2017) pagi menjelaskan, hasil perjuangannya  itu akhirnya membuahkan hasil. KMP Lakaan sudah tiba di Kupang sejak tanggal 2 Januari 2017 lalu dan siap melayari rute Kupang -Naikliu- Ndao.

“Kapal ini sudah ada karena permintaan masyarakat dan saya terus memperjuangakannya hingga berhasil, Dan inilah kado tahun baru 2017 untuk masyarakat Amfoang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Kapal berbobot 1.685 GT ini dibuat PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Sulawesi Selatan. Keunggulan kapal ini ialah dapat berlayar melintasi gelombang antara 3-4 meter. Ini menjawab tantangan Laut di NTT yang pada musim barat sangat menantang karena bergelombang tinggi.

KMP Lakaan mampu mengangkut sekitar 196 penumpang terdiri dari 40 penumpang kelas eksekutif, 156 penumpang kelas ekonomi, 20 anak buah kapal (ABK) serta 25 kendaraan terdiri dari 15 mobil berukuran sedang dan 10 truk.
Untuk diketahui pada akhir tahun 2015 NTT mendapatkan kapal baru bernama KMP Ile Labalekan. Kapal ini melakukan pelayaran perdana

pada 9 Desember 2015 dengan rute Bolok – Hansisi di Pulau Semau – Rote Ndao, PP. (lintasntt/bp)

Komentar ANDA?