NTT Diimbau, Satu Jam Kurangi Pemakaian Listik

0
141

KUPANG. NTTsatu.com – General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur menginstruksikan kepada segenap jajaran PLN di NTT untuk mensukseskan kampanye “Global Earth Hour” pada Sabtu, 19 Maret 2016, dengan mengurangi pemakaian listrik selama 60 menit. Masyarakat juga diimbau melakukan hal yang sama sebagai bagian dari memaknai perayaan Paskah.

Kampanye “Global Earth Hour” kata Safkaur, bisa dalam bentuk  kampanye hemat listrik. Untuk itu PLN NTT dan keluarga besarnya diminta agar turut berpartisipasi pada momen tersebut dengan memadamkan lampu dan alat elektronik selama satu jam mulai pukul 20.30 – 21.30 WITA, di kantor-kantor PLN maupun kediaman masing-masing karyawan PLN, kecuali lampu yang benar-benar diperlukan.

Safkaur mengatakan momen kampanye kurangi pemakaian listrik untuk konteks NTT pada akhir pekan ini sangat tepat sekali, karena bersamaan dengan umat Kristen akan memasuki pekan suci perayaan Paskah.

Sebab katanya, dalam merayakan Paskah, umat Kristen mengingat pengorbanan Yesus untuk menyelamatkan dan menebus dosa manusia, termasuk dosa manusia dalam merusak alam ciptaan Tuhan.

“Untuk itu respon umat yang merasa sudah ditebus, secara sederhana bisa diwujudkan cukup dengan tidak pakai listrik selama satu jam, saya kira tidak berat dan bagus jika bisa dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari memaknai Paskah,” kata Safkaur.

“Tindak lanjut dari kampanye ini, saya telah meminta
Unit-unit PLN yang mengelola operasi kelistrikan agar segera menginformasikan data penurunan beban di sistem kelistrikan setempat selama pelaksanaan “Earth Hour”, selanjutnya akan kami teruskan informasinya ke PLN Pusat dengan perbandingan pemakaian pada Sabtu (14/3),” jelas Safkaur.

Richard Safkaur menambahkan, partisipasi PLN dan masyarakat di NTT dalam aksi ini diharapkan mampu mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan oleh aktivitas sehari-hari. Emisi inilah yang sering disebut sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim. Sehingga aksi Earth Hour menjadi simbol kepedulian masyarakat dalam mengistirahatkan bumi selama satu jam.  (humas pt pln ntt)

=====

Foto: GM PT PLN NTT, Richard Safkaur

Komentar ANDA?