NTT Harus Lahirkan Atlit Renang Nasional

0
228
Foto: Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony (topi putih kiri) didampingi Kadis Parekraf NTT, Marius Ardu Jelamu foto bersama pemenang lomba renang

KUPANG. NTTsatu.com – Setelah provinsi NTT melahirkan sejumlah atlit di tingkat nasional seperti atletik dan tinju, kini sudah saatnya daerah ini harus bisa melahirkan atlit-atlit di caang olah raga renang.

“NTT harus bisa melahrkan atlit-atlin tingkat nasional di cabang olahraga renang. Karena itu pemerintah akan terus berusaha untuk membina calon-calon atlit renang dengan baik,” demikian Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony kepada wartawan di sela-sela loma renang di Namosain Beach, Selasa, 2 Agustus 2016.

Waguh mengatakan, provinsi NTT selama ini hanya bisa melahirkan atlit-atlit di cabang olahraga atletik dan tinju, sementara cabang lainnya belum bisa berkibar di tingkat nasional apalagi internasional. Karena itu sudah saatnya cabang olahraga renang ini diperhatikan dengan baik.

“Kita akan terus menggelar lomba renang setiap untuk bisa mencari bibir-bibit unggul sehingga bisa dibina dengan baik,” katanya.

Menurut wagub, renang itu dilaksanakan di kolam renang, karena itu pemerintah provinsi sedang memikirkan untuk membangun kolam renang yang reprsentatif untuk melatih dan membina calon-calon atlit renang.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu mengatakan, lomba renang ini sudah dijadwalkan akan digelar sebagai agenda tahunan.

Dikatakannya, dipilih Namosain Beach sebagai tempat penyelenggaraan lomba ini karena Dinas Parekraf NTT ingin juga mempromosikan obyek wisata pantai baru di Namosain yang sudah sanga baik dibangun ini.

Selain Lasiana dan Oesapa kata Marius, Dinas yang dipimpinnya ingin mempromosikan Namosain Beach yang dibangun dengan sangat baik ini.

Ketua Panitian Loma Renang, Benny Wahon menjelaskan, loma ini diikuti oleh 62 orang dari 75 orang yang mendaftarkan diri di Panitia. Ada sebagian yang mengundurkan diri sehingga lomba ini hanya diikuti oleh 62 orang saja dengan dua kategori yakni putra dan putrid.

Dia menjelaskan, juara I mendapatkan hadia uang tunai sebesar Rp 10 juta, juara II sebesar Rp 7.500.000 dan juara III seesar Rp 5 juta. Semenara juara 4 sampai dengan juara 8 mendapatkan hadia hiuran sebesar Rp 500.000.

Pemenang lomba renang kategori putra berturut-turut: Rizki Bire. Adullah Anwar, Muhidin, Deril Lawehiku, Syafrudin Karin, Mjustafa Mede dan Syuhardi.

Sementara kategori putrid berturut-turut: Nagida Amilia Putri,

Fabrelin G. Bire, Viktoria Patty, Danasty Calisantya, Mami Shandy Lubali dan Dinda Betty. (bp)

Komentar ANDA?