NTT Zona Hijau Corona, Penerbangan Lokal Tetap Dibuka

0
1274
“Penerbangan lokal tetap buka. Pertimbangannya yang pertama bahwa kita daerah hijau,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT Isyak Nuka saat dihubungi Senin (27/4).

Isyak mengatakan Provinsi NTT sudah tidak ada pasien positif Covid-19 hingga Senin (27/4). Dengan demikian, NTT menjadi wilayah zona hijau lantaran nihil pasien positif virus corona.

Pemprov NTT juga mengklaim kebijakan itu tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Kita bukan zona merah sehingga kita tidak bertentangan bunyi pasal 19 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020,” kata Isyak.

Berdasarkan Pasal 19 Permenhub 25 Tahun 2020 dijelaskan bahwa larangan sementara penggunaan transportasi udara berlaku bagi setiap warga negara. Masyarakat tidak boleh menempuh perjalanan lintas udara ke daerah yang menerapkan pembebasan sosial berskala besar (PSBB).

Pertimbangan lain yang membuat penerbangan lokal NTT tidak ditutup, kata Isyak, yakni terkait dengan kondisi geografis. NTT merupakan wilayah kepulauan, sehingga akses pesawat dibutuhkan untuk berbagai hal, termasuk penanganan virus corona.

“Kalau (transportasi) laut sudah kita tutup lebih awal untuk penumpang. Untuk logistik masih dibuka,” ucap dia.

Meski demikian, bandar udara dan maskapai tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Di antaranya menjaga jarak, penggunaan masker serta protokol lainnya.

“Untuk penerbangan dari luar NTT seperti Jawa, Bali, Sulawesi, Makassar, itu tetap tidak diperbolehkan,” kata dia. (Cnn/bp)

Komentar ANDA?