Obyek Wisata Kolbano di Selatan Pulau Timor Harus Dijaga

0
1089
Foto: Potensi Wisata Pantai Kolbano di Selatan Pulau Timor dalam wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

NTTsatu.com –TTS – Pulau Timor memiliki sejumlah obyek wisata yang potensial, seperti pantai Kolbano di wilayah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang berada di pantai selatan pulau Timor. Obyek wisata pantai yang indah dengan bentangan batu berwana itu harus dijaga dan ditata dengan baik untuk merebut simpati wisatawan.

Calon Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, ketika mengunjungi daerah itu, Sabtu, 02 Juni 2018 kemarin memita warga Kolbano untuk merawat dan menjaga Pantai Kolbano sebagai aset dan destinasi wisata unggulan TTS. Dia juga meminta warga Kolabo untuk tidak menjual tanah kepada investor.

“Saya mengajak semua warga Kolbano untuk bersama-sama menjaga pantai ini tetap bersih dari sampah. Ini adalah destinasi wisata unggulan untuk Kabupaten TTS. Kita akan bangun semua infrastruktur penunjang sehingga banyak orang berinvestasi dan tempat ini menjadi idaman para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” kata Viktor.

Ia juga meminta masyarakat Kolbano untuk tidak menjual tanah mereka kepada investor. Ketika Pantai Kolbano sudah ditata dan ditunjang dengan berbagai sarana, maka dengan sendirinya akan menarik minat orang untuk datang berinvestasi. Dengan menjual tanah ke orang lain, kata Viktor, maka masyarakat hanya akan jadi penonton dan tidak bisa merasakan manfaat dari tempat wisata itu.

“Saya minta kepada orang-orang tua di sini supaya jangan mau menjual tanah di tempat ini. Kasih saja sewa kepada investor dalam waktu yang lama dan bisa dilakukan renegosiasi. Kalau tanah sudah dijual maka masyarakat hanya akan jadi penonton di rumah sendiri sebab harta yang paling berharga sudah beralih ke tangan orang lain hanya karena kita silau dengan uang dan tidak berpikir tentang generasi yang akan datang,” ujar Viktor.

Menurur Viktor, pariwisata sebagai gerbong pembangunan NTT harus mampu memberi dampak yang nyata bagi masyarakat dan pembangunan. Untuk itu, selain menata destinasi wisata, mempersiapkan sumber daya manusia maka hal yang paling penting yang akan dilakukan adalah menghubungkan semua destinasi wisata lewat laut dan udara secara secara cepat.

“Kita akan membuat konektivitas daerah pariwisata yang ada di NTT yang saya namakan Cincin Pariwisata NTT. Semua daerah wisata di NTT harus terkoneksi secara cepat baik melalui udara maupun laut. Dengan demikian maka semua wisatawan akan dengan gampang mau pergi ke mana saja tempat wisata yang indah di NTT. Misalnya setelah dari Pantai Kolbano mereka bisa langsung ke Labuan Bajo atau ke Rote dan Sabu dengan cepat tanpa harus menunggu transportasi dalam jeda waktu yang lama,” jelas Viktor Laiskodat.

Viktor Laiskodat juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan gerakan kebangkitan NTT menuju sejahtera. Seorang gubernur tidak akan mampu menjalankan programnya dengan baik tanpa dukungan yang kuat dari masyarakat, demikian juga mimpi dan cita-cita seorang pemimpin akan terkubur begitu saja jika masyarakat yang dipimpin hanya berdiam diri. Roh kebangkitan, kata Viktor, harus berkobar dalam setiap sanubari anak Flobamorata.

“Karena itu, kita akan merubah cara pikir kita dalam membangun NTT dengan segala macam potensinya. Kita siapkan pondasi pembangunan untuk generasi berikut. Mereka akan menikmati pendidikan yang baik infrastruktur yang baik maka disitulah kebangkitan NTT akan terjadi. Jangan karena kita sudah begitu lama berada dalam kemiskinan lalu kita menikmati kemiskinan itu dengan rasa bangga,” tegas Viktor. (tim media/bp)

Komentar ANDA?