Panitia Daerah G70 NTT, Siap Himpun Mimpi Rakyat NTT

0
263

KUPANG. NTTsatu.com – Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka (G70) yang dicanangkan secara nasional oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu silam, kini sudah ditindaklanjuti dengan pembentukan kepanitian daerah di Provinsi NTT. Saah satu agenda yang dipersiapkan kepanitian daerah adalah menyukseskan Ekspedisi Kapsul Waktu melintasi seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Daerah G70 NTT Bobby Lianto di sekretariat G70 NTT di Water Park, Kupang, Sabtu (29/8). Bobby didampingi sejumlah pengurus di antaranya Toni A Dima (Koordinator Tim Pemasaran dan Ekspedisi), Krystle Yapola (Koordinator Tim Produksi), dan Yusak Victor Benu (Koordinator Media).
Dia menjelaskan, Ekspedisi Kapsul Waktu bertujuan untuk menjaring mimpi masyarakat di seluruh Indonesia tentang Indonesia tujuh puluh tahun mendatang, tepatnya tahun 2085.
NTT, kata Bobby, ditugaskan menjaring tujuh mimpi yang akan disampaikan kepada panitia nasional. “Tentu banyak mimpi dari masyarakat NTT, tapi kita sampaikan tujuh mimpi yang kira-kira mewakili mimpi seluruh masyarakat NTT,” katanya.
Ekpedisi Kapsul Waktu rencananya star dari Sabang pada 15 September mendatang, mengelilingi seluruh wilayah di Indonesia dengan finis di Marauke, Papua. Di Marauke akan dibangun monumen dan ditanam kapsul waktu yang berisikan mimpi tentang Indonesia 70 tahun mendatang.
“Nanti pada tahun 2085, kapsul waktu ini digali, dan dilihat oleh anak cucu tentang mimpi-mimpi itu,” jelas Bobby.
Untuk menyukseskan agenda Ekspedisi Kapsul Waktu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, tokoh ppendidikan, budaya, agama, dan elemen masyarakat lainnya.
Selain kapsul waktu untuk Indonesia, kata Bobby, panitia daerah G70 NTT juga berencana membuat kapsul waktu untuk NTT. Monumen kapsul waktu untuk NTT akan dibangun di Kupang.
Koordinator Tim Pemasaran dan Ekspedisi Toni A Dima menambahkan, Ekspedi Kapsul Waktu yang diselenggarakan panitia nasional akan menjaring visi anak bangsa untuk Indonesia 70 tahun yang datang.
“Apa mimpi anak bangsa untuk Indonesia, disampaikan kepada tim ekpedisi yang akan menyinggah seluruh wilayah di Indonesia,” jelasnya.
Koordinator Tim Produksi Krrystle Yapola mengatakan, untuk sementara salah satu ajang yang akan digunakan untuk menjaring mimpi masyarakat NTT adalah Car Free Day. Namun, pihaknya juga bersedia hadir dii kegiatan-kegiatan massal lain untuk menjaring mimpi masyarakat.
Selain itu, lanjutnya, mimpi-mimpi itu bisa disampaikan melalui email atau media sosial yang disiapkan panitia, termasuk bisa menyampaikan langsung sekretariat yang Water Park Kupang. (bp)

Komentar ANDA?