Panwas Harus Netral Demi Sukses Pilkada

0
141
Foto: Logo Panwaslu

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun menegaskan, Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan harus mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah di Lembata yang sedang berproses.

“Panwas akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2017 mendatang. Karena itu saya ingatkan agar  Panwas harus bersikap netral dan tidak memihak pada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati tertentu, demi terselenggaranya Pilkada dengan lancar, aman, tertib, damai dan sukses,” kata Mado Watun.

Pelantikan 50 orang anggota Panwas Kecamatan se-Kabupaten Lembata itu dilangsungkan di Hotel Olimpic, Lewoleba, Lembata, pada , Rabu, (10/8/16). Hadir Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Ferdinandus Koda,  Ketua KPU Lembata, Petrus Payong, Anggota Forkompimda, Pimpinan SKPD dan Pimpinan Partai Politik tingkat Kabupaten Lembata.

Wabup Mado Watun mengatakan, tugas dan tanggungjawab Panwas Kecamatan sangat berat, karena harus berkerja sesuai regulasi dan peraturan perundangan yang berlaku. Meski tugas dan tanggungjawan Panwas sangat berat, namun dibiayai dengan anggaran dari Pemerintah Daerah yang besar pula. Karena itu, Panwas harus benar-benar melaksanakan tugas pengawasan yang baik dan independen. Artinya, tidak masuk dalam Tim Sukses Pasangan Cabup dan Cawabup tertentu. Tetapi harus bersikap netral terhadap semua pasangan calon yang ada.

Menurut Mado Watun, sukses tidaknya tugas Panwas sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap regulasi dan peraturan perundangan yang berlaku, dan selanjutnya dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Lembata.

Dikatakannya, saat ini di setiap desa dan kecamatan,  teknologi informasi sudah merambat, khususnya “Handphone” yang dapat merekam dan mendokumentasikan seluruh kegiatan Panwas, maka aspek kejujuran harus menjiwai pelaksanaan tugas Panwas.

Wabup Mado Watun juga mengingatkan Panwas, agar menyiapkan data dan fakta yang akurat serta dokumentasi yang baik sebagai laporan ke tingkat atas, atau ketika dibutuhkan Lembaga Penyelengara atau Penegak Hukum jika terjadi permasalahan dilapangan.

“Pesta demokrasi , Pilkada Lembata harus berlangsung demokratis dan bermartabat. Untuk itulah, para Pengawas harus terus belajar tentang berbagai regulasi dan peraturan perundangan yang berlaku agar tidak terjadi multi tafsir jika terjadi permasalahan di lapangan.

Sedangkan Ketua Panwas Kabupaten, Rafael Boli Lewa, seusai melantik para Panwas Kecamatan se-Lembata menegaskan kembali, bahwa tugas dan tanggungjawab pengawasan sangat berat. Bentengi diri dengan peraturan perundangan.

“Tapi, saya yakin bahwa para pengawas yang dilantik hari ini banyak yang sudah berpengalaman menjadi Panwas. Kita berharap, bekerjalah dengan hati yang tulus demi suksesnya Pilkada Lembata, demi kemajuan demokrasi rakyat dan lewotana Lembata.Panwas jangan ciptakan masalah, tapi jika memang terjadi masalah, Panwas justeru harus mencarikan solusi”, kata Rafael Boli Lewa. (Humas Setda Lembata)

 

Komentar ANDA?