Papo Belang Terpilih Jadi Ketua Gapensi Sikka

0
506

NTTsatu.com – MAUMERE – Paulus Papo Belang terpilih menjadi Ketua BPC Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia) Sikka Periode 2018-2023. Dari 99 anggota yang memberikan suara, mantan Sekretaris Gapensi Sikka itu mendapat dukungan 69 suara.

Dia menyingkirkan Yoseph Mbele yang mendapat 18 suara, dan Bonifasius Rena yang memperoleh 11 suara. Satu suara dinyatakan abstain.
Pemilihan Ketua Gapensi Sikka berlangsung dalam suasana demokratis di Gedung Sikka Convention Centre (SCC), Senin (4/6) melalui mekanisme Musyawarah Cabang VI. Muscab VI itu sendiri berlangsung satu hari penuh, dibuka dan ditutup oleh Pelaksana Tugas Bupati Sikka Paolus Nong Susar.

Usai terpilih, Paulus Papo Belang selaku Ketua Tim Formatur bersama dua kandidat calon yang tidak terpilih langsung membentuk komposisi kepengurusan Gapensi Sikka 2018-2023. Kepengurusan yang baru dilantk malam itu juga oleh Wakil Ketua 1 BPD Gapensi NTT Vivo Ballo.

Sebelumnya ada 5 anggota yang mendaftarkan diri menjadi Ketua Gapensi Sikka. Dua di antaranya mengundurkan diri yakni Frans Seles Seda dan Beatrix Padeng.

Frans Seles Seda yang periode sebelumnya menjadi Ketua Gapensi Sikka, mundur karena alasan kesehatan. Sementara Beatrix Padeng mundur karena kesibukan pada berbagai kegiatan dan aktiftias lain. Dalam komposisi kepengurusan yang baru Beatrix Padeng dipercayakan sebagai Sekretaris Gapensi.

Paulus Papo Belang menyebut kepercayaan yang diberikan kepadanya diterimanya sebagai sebuah amanah dan tanggung jawab. Dan untuk itu dia bertekad bersama-sama pengurus harian dan pengurus pleno bisa menjalankan roda organisasi sesuai keputusan Muscab VI sebagai forum tertinggi.

Dalam lima tahun ke depan, Paulus Papo Belang beriming-iming agar Gapensi Sikka memiliki kantor sendiri. Dia merasa prihatin karena organisasi dengan anggota para kontraktor yang sejatinya punya finansial yang baik, tetapi justeru sering berpindah-pindah kantor.

“Kalau dapat, harus punya kantor sendiri. Ini menjadi tanggung jawab besar ke depan. Tentu saya akan ajak pengurus dan anggota untuk memikirkan bersama-sama,” ungkap Paulus Papo Belang.

Sementara itu Paolus Nong Susar meyakini kepengurusan Gapensi Sikka yang baru di bawah kepemimpinan Paulus Papo Belang bisa berjalan dengan baik. Pelaksana Tugas Bupati Sikka itu mengingatkan agar Gapensi Sikka tetap selalu melakukan komunikasi dna koordinasi dengan pemerintah daerah. Dia mengatakan pemerintah daerah senantiasa membangun kemitraan dengan pegiat dunia dalam upaya membangun daerah ini.

Kepengurusan Gapensi Sikka 2018-2023 tampak sedikit gemuk. Jika sebelumnya hanya 3 orang wakil ketua, pada kepengurusan yang sekarang ditambah lagi satu wakil ketua. Demikian pun sebelumnya hanya ada 8 bidang, kini berubah menjadi 10 bidang.

Paulus Papo Belang beralasan animo anggota untuk menjadi pengurus begitu tinggi. Namun dia harus hati-hati mengambil keputusan karena terkait dengan regulasi. Untuk itu dia terpaksa harus melakukan konsultasi dengan pihak Gapensi NTT. (vic)

 

Foto: Paulus Papo Belang (tengah) terpilih sebagai Ketua BPC Gapensi Sikka Periode 2018-2023 melalui Muscab VI di Gedung SCC Maumere, Senin (4/6);

Komentar ANDA?