Para Kades di Ende Ikut Bimtek Pemilihan Kepala Desa

0
120

NTTSATU.COM — ENDE — Para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Ende mengikuti Bimtek Pemilihan Kepala Desa yang diselenggarakan oleh Pemda Ende, Senin (19/9/2022) di Aula Garuda Kantor Bupati Ende.

Bupati Ende,Drs. H. Djafar H. Achmad MM dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek mengatakan pihaknya berharap agar kegiatan Bimtek ini dapat memberikan kontribusi positif bagi semua peserta untuk mendapatkan pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat saat pelaksanaan Pilkades di desanya masing-masing.

Terkait posisi jabatan Kepala desa yang demikian penting, Bupati Djafar mengatakan bahwa suksesi pemilihan kepala Desa juga gaungnya tidak kalah pentingnya dengan pemilihan Kepala Daerah, Gubernur hingga presiden, dan olehnya sering menjadi ajang perebutan posisi dan kepentingan yang jika tidak dikelola dengan bijaksana sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain itu, tidak jarang perhelatan Pilkades menimbulkan konflik dengan dampak ikutannya berupa kerugian yang sangat besar bagi masyarakat desa yang bersangkutan.

Bupati Djafar menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek juga sangat berguna bagi panitia Pilkades untuk mengantisipasi kesimpangsiuran dan kebingungan terhadap regulasi terkait pilkades.

“Saya juga berharap kepada semua peserta yang mengikuti Bimtek hari ini, selepas kegiatan ini dapat mensosialisasikan pengetahuan yang diproleh dalam Bimtek kepada masyarakat, agar masyarakat juga dapat mengetahui secara pasti mekanisme pelaksanaan Pilkades sesuai aturan yang berlaku,” kata Bupati Djafar. (ria/prokopim)

Komentar ANDA?