Pasar Pada Lewoleba Sedang Dibangun

0
796

LEWOLEBA. NTTsatu.comPasar Pada di bagian barat Kota Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan pasar terbesar di kota itu sedang dibangun. Pembangunan pasar utama berlantai dua itu akan membantu para pedagang agar bisa berjualan di lokasi itu karena selama ini mereka berjualan di tempat-tempat yang dibangun sendiri dengan bahan seadanya.

Mama Marselina seorang penjual buah-buahan dan sayuran ketika ditemui di lokasi pasar Pada, Jumat, 29 Mei 2015 mengaku, bangunan utama pasar pada yang sedang dalam proses perampungan itu akan sangat membantu mereka.

“Selama kami jualan di tempat jualan yang kami bangun sendiri dengan bambu dan kayu serta atap terpal. Kalau musim hujan dan angin, barang jualan basah semua dan kami tidak bisa berjualan dengan baik,” katanya.

Mereka bergembira karena pasar Pada yang sedang dibangun itu akan memberikan kenyamanan bagi para pedagang, Namun ada sejumlah masalah yang harus diperhatikan pemerintah setelah pembangunan pasar ini adalah jalanan menuju pasar pada. Ada tuga jalur yakni jalur melalui pantai dan jalur atas melalui Waikom serta jalur tengah semuanya sangat parah.

“Ketiga jalan menuju pasar Pada itu sangat memprihatinkan. Kendaraan yang melweati8 tiga jalur itu harus ekstra hati-hati karena jalanan berlubang-lubang. Kalau musim hujan lebih parah lagi,” kata Marsel Beda seorang penjual lainnya.

Harapan mereka adalah pemerintah memberikan perhatian untuk kegiatan perekonomian di kota Lewoleba ini. Jika akses ke pasar Pada diperhatikan dengan baik, maka pasar-pasar dadakan yang ada di beberapa titik dalam kota Lewoleba juga ditutup sehingga masyarakat dapat dengan muda berbepanja di pasar ini. Selama ini masyarakat tidak mau ke pasar pada karena jalanan menuju lokasi ini sangat sulit.

Kabag Humas Setda Lembata, Karolus Kia Burin yang dikonfirmasi mengakui, pemerintah tengah membangun pasar Pada agar memberikan rasa nyaman kepada para pedagang juga para pembeli. Dengan membangun pasar yang baik seperti itu, maka masyarakat akan dengan nyaman berjualan di lokasi itu.

Dia juga mengakui, setelah banguna pasar Pada itu selesai, pemerintah juga akan memperbaiki jalan. Jalur bawah dipantai, sedang dalam pengerajaan, sementara jalur tengah dan atas akan dilakukan setelah jalur bawah diselesaikan.

“Pemerintah menaruh perhatian kepada pasar yang adalah salah satu sarana penunjang pembangunan perekonomian di kabupaten Lembata,” katanya. (rin)

Komentar ANDA?