Pasien Ispa di RS SK Lerik Meningkat

0
276

KUPANG. NTTsatu.com – Akibat peralihan musim yang melanda Kota Kupang dan sekitarnya , jumlah pasien yang mengalami  infeksi  saluran pernapasan  (Ispa) di Kota Kupang meningkat.

Kepala Bidang cacatan dan rujukan medis RS SK.Lerik, .Ivyane Lunalaka  kepada wartawan di RS SK.Lerik, Senin (28/9/2015) mengatakan, sesuai data pada Rumah Sakit (RS) SK. Lerik, pasien  yang mendapat perawatan di Rumah Sakit (RS) SK.Lerik pada dua bulan terakhir yakni pada bulan Juni hingga Juli  cukup meningkat.

Jumlah ini lebih banyak

“Untuk bulan Juni terdapat pasien Ispa ini sebanyak 142  orang terdiri dari laki-laki sebanyak 63 orang, dan perempuan sebanyak 79 orang. Sedangkan di bulan Juli sebanyak 19 orang yenag terdiri dari laki-laki sebanyak 10 orang,dan perempuan 9 orang pasien. Julah ini didominasi oleh pasien raat jalan,” katanya.

Menurutnya, mereka  yang  mengalami penyakit Ispa yang melakukan kunjungan ke RS SK Lerik ini,rata-rata adalah pasien BPJS .”Mereka yang mengalami Ispa ini paling banyak adalah rujukan dari Puskesmas dan dokter keluarga,” ujarnya.

Dia mengaku, penanganan pasien Ispa ini,sebenarnya secara preventif ditangani di Puskesmas, sehingga untuk RS SK Lerik hanya pada pasca tingkat rujukan.

Terpisah Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang,Mourids Kalalena mengatakan, akibat musim kemarau saat ini tentunya penderita Ispa pasatinya lebih banyak, namun tentunya pihak kesehatan terutama Puskesmas perlu meningkat sosialisasi kepada warga yang berkunjung ke Puskesmas .

“Masalah wabah penyakit Ispa ini juga dipengaruhi oleh dinamika cuaca yang terjadi .Untuk peran Puskesmas sangat perlu untuk terus mengingatkan warga yang berkunjungan ke Puskesmas. Apa lagi sesuai penjelasan pihak RS  penanganan penyakit Ispa harus selesai di tingkat Puskesma,” katanya.(rif/bp)

====

Foto: Ivyane Luanlaka

Komentar ANDA?