Pasukan Keamanan Lebaran Road Show Keliling Kota Maumere

0
307

NTTsatu.com – MAUMERE – Puluhan aparat keamanan dari kepolisian dan TNI serta instansi terkait mengendarai sepeda motor dan kendaraan roda empat, Rabu (6/6). Mereka keluar dari Markas Polres Sikka dan melakukan road show mengelilingi Kota Maumere. Ini adalah pasukan keamanan yang akan menjaga keamanan dan ketertiban selama Lebaran Tahun 2018. 

Road show ini untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa pihak kepolisian bersama TNI dan instansi terkait siap mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Idul Fitri tahun ini di Kabupaten Sikka, 7-24 Juni 2018.
Tercacat ada 90 personil keamanan terdiri dari 50 anggota polisi, 20 dari TNI-AD, 10 dari TNI-AL, dan 10 dari Tim Basarnas Maumere.

Sebelumnya Kapolres Sikka Rickson PM Situmorang memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Turangga 2018 bertempat di halaman Mapolres Sikka. Rickson Situmorang berkesempatan memeriksa kendaraan dan peralatan pendukung dalan kegiatan pengamanan.

Dalam apel pasukan ini, Rickson Situmorang membacakan amanat Kapolri RI Tito Karnavian yang menyinggung tentang 4 potensi kerawanan yang yang harus diwaspadai bersama. Potensi kerawanan itu yakni stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan, permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, potensi bencana alam dan gangguan kantibmas lainnya, dan ancaman tindakan pidana terosisme.

Rickson Situmorang kepada wartawan mengatakan tingkat arus mudik dan arus balik di Kabupaten Sikka masih terbilang rendah. Meskipun demikian pihaknya siap menjamin keamanan dan ketertiban selama lebaran. Potensi kerawanan yang yang paling mencolok yakni tingkat kecelakaan lalulintas. Selain itu pihaknya juga akan mengantisipasi bencana alam dan upaya penyelamatan bagi pemudik antarpulau.

Untuk mendukung kelancaran seluruh kegiatan lebaran, rencananya Rickson Situmorang akan mendirikan beberapa posko pada fasilitas publik seperti di Bandara Frans Seda dan Pelabuhan Laurensius Say. Dia juga akan membangun 2 buah posko di tengah Kota Maumere.

Hingga saat ini situasi Kabupaten Sikka sangat kondusif. Rickson Situmorang mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan toleransi keberagaman yang sudah terjalin selama ini.*** (vicky)

 

Foto: Kapolres Sikka Rickson Situmorang sedang memberikan keterangan pers terkait keamanan dan ketertiban selama Lebaran Tahun 2018, Rabu (6/6), di halaman Mapolres Sikka;

Komentar ANDA?