Pasutri Asal Adonara Tewas Akibat Lakalantas di Malaysia, BP2MI Kupang Fasilitasi Pemulangan Jenazah

0
765

NTTSATU.COM — KUPANG —  Nasib naas pasangan suami istri (Pasutri) asal Adonara, Kabupaten  Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), meninggal dunia usai mengalami kecelakaan.

 

Bukhari Tokan (47) dan Rosida Lipat Mangan (44), pasangan suami istri (pasutri) yang meninggal di Malaysia  akibat kecelakaan merupakan PMI  nonprosedural 

Merespon peristiwa tersebut Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kupang  memfasilitasi pemulangan dua jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) nonprosedural itu.

“Pemulangan jenazah dua PMI  kami fasilitasi melalui petugas kami yang akan mengantar sampai ke kampung halaman di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur,” kata Kepala BP2MI Kupang, Siwa di Kupang, Rabu, (15/3/2023).

Kedua PMI  bernama Bukhari Tokan (50) dan Rosida Lipat Mangan (45) meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di daerah Papar, Kota Kinabalu, Malaysia pada Minggu (5/3).

Keduanya diketahui merupakan PMI asal Desa Lamablawa, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Tumur, NTT.

Ia menjelaskan, jenazah kedua PMI  tiba di Kota Kupang Rabu pagi sekitar pukul 06.00 Wita, melalui penerbangan dari Bandara Soekaro-Hatta menuju Bandara El Tari.

BP2MI Kupang  memfasilitasi penjemputan jenazah dengan mengerahkan dua mobil jenazah dan petugas untuk bersama-sama pihak keluarga menjemput jenazah di Bandara El Tari dan diantar ke tempat persemayaman sementara di rumah sanak keluarga di Kota Kupang.

Selanjutnya mobil jenazah dan petugas akan membawa jenazah menuju Pelabuhan Tenau Kupang   untuk perjalanan pemulangan jenazah melalui jalur laut.

Jenazah akan dibawa menggunakan kapal Pelni dari Pelabuhan Tenau Kota Kupang menuju Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata  kemudian dilanjutkan dengan penyeberangan kapal menuju Pulau Adonara.

“Petugas BP2MI Kupang akan mengantar jenazah sampai ke rumah untuk diserahkan ke pihak keluarga di kampung halaman mereka,” katanya.

Sore ini, jenazah akan dibawa ke Larantuka dengan Kapal Pelni yang akan berlayar ke Larantuka sesuai rute pelayarannya. ***/nttsatu

Komentar ANDA?