Pawai Paskah Diwarnai Atraksi Kisah Penderitaan Yesus

0
194

KUPANG. NTTsatu – Pawai Kemenangan Paskah ke-19 tahun 2015, Senin 6 April 2015 yang diikuti oleh 118 peserta dipenuhi dengan atraksi Kisah Penderitaan Yesus Kristus hingga kebangkitannya.

Seperti disaksikan NTTsatu-com dalam pawai Kemenangan Paskah yang digelar BP GMIT terdiri dari 64 Jemaat dan Klasis GMIT Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), dan Timor Tengah Utara (TTU) dan rombongan lintas agama.

Sejumlah atraksi menarik yang disuguhkan peserta pawai adalah kisah Yesus memikul salibnya dalam perjalanan menuju Golgotha disertai dengan penyiksaan para serdadu. Kisah yang dilakonkan peserta itu mengudak decak kagum penonon bahkan ada sejumlah penonton sampai meneteskan air mata.

Ketua Panitia Pawai Kemenangan Paskah 2015, Adrianus Tali menjelaskan, pawai Kemenangan Paskah kali ini terlihat lebih meriah karena selain melibatkan jemaat GMIT dan lintas denominasi Kristen serta pemuda lintas agama juga menampilkan kelompok budaya seperti Reog Ponorogo,yang dibawakan kelompok etnis Jawa Timur yang bermukim di Kota Kupang.

Selain itu, peserta pawai juga berasal dari organisasi kepemudaan kristen, lembaga diakonat GMIT, kelompok seni dan tradisi, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga swasta. Peserta diperkirakan sebanyak 30 ribu orang.

Menurutnya, dalam Pawai Kemenangan Paskah kali ini, peserta dibagi dalam tiga barisan utama. Tiga barisan utama itu akan memerankan prosesi dari fase kejadian sampai kematian. Ada 67 peran yang dilakonkan oleh peserta dari klasis GMIT. Peserta dari klasis TTU dan TTS siap mengkuti fase yang sudah dirancang oleh panitia.

Dia menambahkan, dalam pengamanan kegiatan pawai paskah tersebut, selain melibatkan aparat dari pihak kepolisian dan TNI, pihak panitia juga akan dibantu oleh GP Ansor, Kompak, Pemuda Hindu dan Pemuda Budha.

Hadir dan menyaksikan Pawai Paskah tahun 2015 antara lain Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yambise, Ketua Dewan Gereja Dunia, Pendeta S.A.E Nababan, Ketua Majelis Pertimbangan Persatuan Gereja Indonesia (PGI), Pendeta A.A. Yewangoe, Romo Magnis Suseno, Romo Profesor Daniel Biyantoro, Susie Widjaya dari Sinar Mas Group, Ketua Yayasan Indonesia Cerdas Pendeta Shepard Supid, dan Penasehat Indonesia Cerdas Pendeta Japarlin Marbun.

Pawai Kemenangan Paskah ini mengambil start di depan Gereja Anugerah El Tari dan finish di depan Gereja Talitakumi, Pasir Panjang. Pawai Kemenangan Paskah dilepas Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yambise, ditandai dengan pelepasn burung merpati. (bop)

Komentar ANDA?