Peduli Ekologi, GenBI Sulsel Helat Biopori Hole

0
145

NTTSATU.COM — MAKASSAR — GenBI wilayah Sulawesi Selatan Sukses laksanakan GenBI Ore : GenBI Biopori Hole yang bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya banjir di kawasan yang sering terjadi banjir yang dilaksanakan di KWT Citra, Kel. Tello Baru, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sabtu,(17/09/22).

Kegiatan ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di Kawasan Rawan Banjir melalui Pemanfaatan Biopori”,.  Tema ini diangkat dengan harapan untuk membantu proses penyerapan air pada selokan kota yang kurang maksimal sehingga mengurangi dampak banjir, membentuk sampah organik secara alamiah dengan dibantu makhluk hidup dalam tanah, membentuk serta menanamkan rasa empati dan kepekaan sosial pada generasi muda.

Muh. Ilham Anugrah Syam dalam sambutannya menjelaskan fungsi dan tujuan Generasi Baru Indonesia (GenBI).

“Pada dasarnya Generasi baru Indonesia (GenBI) merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang memiliki 3 fungsi Pokok yaitu Agent of Change,Front Liners, dan Future Leader. Kegiatan GenBI Ore : GenBI Biopori Hole menjadi salah satu wujud pengimplementasian fungsi dari Generasi Baru Indonesia itu sendiri yaitu menjadi Agent of Change di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pembina GenBI wilayah Sulawesi Selatan Ananda Amaliya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Generasi baru Indonesia (GenBI) wilayah Sulawesi Selatan bukan hanya memberi kontribusi kepada Bank Indonesia (BI) akan tetapi juga memberikan kontribusi di berbagai bidang salah satunya pada sektor Lingkungan Hidup.

“Jadi Generasi baru Indonesia (GenBI) wilayah Sulawesi Selatan itu bukan hanya memberi kontribusi dan energi kepada Bank Indonesia (BI) saja akan tetapi Generasi Baru Indonesia (GenBI) juga berkonsentrasi di berbagai sektor salah satunya adalah pada sektor lingkungan hidup,” imbuhnya.

Setelah kegiatan pembukaan acara selesai selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Biopori dibeberapa tempat yang di anggap rawan terjadi banjir di kawasan tersebut.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Kota Makassar dan beberapa pemerintah setempat serta dihadiri oleh masyarakat dan anggota GenBI wilayah Sulawesi Selatan.  (Cr : M. Usri dan Salsabila L)

Komentar ANDA?