Peduli Ekonomi, GenBI UNHAS Gelar Economics Writing Class

0
124

NTTSATU.COM — MAKASSAR — Deputi Pendidikan GenBI Komisariat UNHAS menyelenggarakan kegiatan Economics Writing Class (EWC) pada Minggu 18 September 2022 secara virtual melalui zoom meeting.

Pada Economics Writing Class kali ini mengusung tema “Optimalisasi Pengenalan Dasar Ilmu Ekonomi dalam Pengangkatan Isu-isu Kontemporer Perekonomian Negara Melalui Kepenulisan”.

Dalam sambutan Ketua GenBI Komisariat oleh saudara Betran Sopandu Manulang, diharapkan melalui kegiatan ini para pengurus tidak hanya dapat menambah pengetahuan mengenai ekonomi, namun juga harapan mengenai output dari kegiatan ini yaitu penulisan mengenai isu-isu ekonomi yang ada di Indonesia yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pengurus GenBI kedepannya.

Selain itu, dalam sambutan Direktur Manajemen Program Kerja oleh saudara Itra menyampaikan bahwa harapannya agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan juga hasil penulisannya yang nanti akan dipublikasi di website GenBI UNHAS.

Kegiatan ini menghadirkan para pemateri yang ahli dibidang ini, yaitu Randi Kurniawan, M.Sc yang merupakan Dosen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNHAS dan juga Taufik Hidayat, S.Tr.P yang merupakan mahasiswa penerima fully funded ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dalam materi yang dibawakan oleh Randi Kurniawan, M.Sc menyampaikan beberapa isu ekonomi, mulai dari pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, inflasi, kemiskinan, ketimpangan pendapatan, dan lain sebagainya. Adapun overview ekonomi ini ditujukan agar teman-teman dapat memahami dan peka terhadap perekonomian. Cikal bakal ilmu ekonomi sendiri dimulai oleh Adam Smith pada tahun 1776 dalam bukunya The Wealth of Nations.

Pada materi kedua yang dibawakan oleh Taufik Hidayat, S.Tr.P membawakan materi mengenai Penulisan Essay. Dalam penjelasannya, pemateri menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan Paper/KTI dan Essay. Selain terdapat perbedaan terhadap struktur, juga terdapat perbedaan dari adanya percobaan/penelitian terlebih dahulu yang harus dilakukan dalam pembuatan Paper/KTI sedangkan pada Essay tidak diperlukan percobaan terlebih dahulu.

Pemateri juga menambahkan bahwa dalam proses menulisnya terkadang mengalami penolakan maupun masa-masa yang membuatnya merasa down, namun hal itu tidak berarti bahwa dirinya menyerah namun justru bangkit kembali dan tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam penulisannya.

Terakhir, dengan adanya kegiatan Economics Writing Class oleh Deputi Pendidikan GenBI Komisariat UNHAS, diharapkan para pengurus dapat menambah pengetahuannya dalam bidang ekonomi sebagai frontliner dalam penyebaran kebijakan Bank Indonesia, selain itu diharapkan agar pengurus dapat membuat tulisan terkait isu ekonomi yang nantinya akan dipublish di website GenBI Komisariat UNHAS. (Citizen Reporter : Andi Nur Rizqi R. Syam)

Komentar ANDA?