Pelabuhan Laut Lewoleba Sudah Resmi Digunakan Untuk Pelayanan Publik

0
438

 

Turut hadir dalam serah terima kegiatan tersebut atau Provisional Hand Over (PHO) oleh PPK, Kontraktor Pelaksana PT SBN, Konsultan Pengawas PT Mitra Reka Nusa Jakarta dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Lewoleba pada Selasa 27 November 2023 yang di dampingi oleh staf KUUPP Kelas III Lewoleba.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Lewoleba, Capt.Desmon S. M, MM. M. Mar.  Kamis (30/11/2023) mengatakan, pekerjaan pelabuhan laut Lewoleba dari segmen 1,2,3 dan Pelabuhan Rakyat (Pelra) sudah usai dan bisa digunakan untuk pelayanan bagi masyarakat Lembata setelah di lakukan PHO.

“Meski sudah usai dan PHO sesuai kalender hari kerja, namun pekerjaan tersebut masih dalam masa perawatan selama 60 hari, ” ujar Desmon.

Ia berharap agar pelabuhan yang sudah indah dan bagus tersebut bisa di jaga dengan baik sesuai kegunaannya.

“Selama 300 hari kalender pekerjaan pelabuhan Lewoleba terus berlangsung dan sejauh ini tidak ditemukan kendala apapun, ” tandasnya.

Menurut Desmon, pelabuhan merupakan pintu utama bagi masyarakat Lembata, pekerjaan yang di laksanakan oleh PT. Sarana Bangun Sentosa Surabaya bersama Konsultan PT. Mitra Raka Nusa Jakarta berkahir dengan baik.

Lebih jauh dikatakan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Lewoleba, kita masih punya sisa pekerjaan yang belum di sentuh karena itu masih akan terlaksana pada tahun anggaran 2024.

“Jadi, sisa yang belum di kerjakan adalah segmen 4 dan penambahan Pelra, soal anggaran sudah di siapkan, ” imbuhnya.

Ia melanjutkan, usai dalam pekerjaan laut pekerjaan tambahan akan terlaksana kembali pada sektor darat yaitu pembangunan rumah dinas (Rudin) dan tempat ibadah di tahun 2025.

Informasi yang di himpun, luas Pelabuhan laut Lewoleba untuk saat ini sudah mencapai 16 meter dengan panjang secara total 310 Meter dari segmen 1,2,3,4 dan Pelabuhan Rakyat, meski tersisa pada segmen 4 yang belum dikerjakan itu.

“Untuk Pelabuhan Rakyat atau Pelra sudah beroperasi dan tidak ditemukan kendala apapun, terhadap kapal penyeberangan dari Lembata menuju pulau Adonara dan Larantuka,“ papar Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Lewoleba.

Kata Desmon, pihaknya akan segera memberikan kabar baik dalam surat tertulis Kepada PT. Pelni Indonesia agar bisa melakukan pelayanan bagi masyarakat secara utuh dalam musim mudik hari raya Natal dan Tahun Baru 2023.

“Sementara untuk pelayanan Natal dan Tahun Baru pihak kami (KUPP Kelas III Lewoleba) akan membuka Posko terpadu bagi masyarakat Lembata dalam pelayanan umum, ” tutup Desmon. (*/nttsatu)

Komentar ANDA?