Pemadalam Listrik Karena Petir Sambar Penyulang Tenau

0
248

KUPANG. NTTsatu.com – Prospek Cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk wilayah NTT beberapa hari kedepan terjadi hujan lebat yang berpengaruh pula pada penerangan listrik yang mengakibatkan padam. Kemarin, Senin (19/09/16), Petir menyambar di penyulang Pelabuhan Tenau dan terjadi pemadaman disekitarnya.

“Dari pukul 17.00 WITA, terjadi gangguan pada penyulang Pelabuhan Tenau akibat sambaran petir, gangguan ini juga berdampak pada jatuhnya semua unit pembangkit yang menyebabkan padamnya listrik dalam Kota Kupang dan sekitarnya, dari hasil investigasi terdapat peralatan pengaman petir (Arester) yang mengalami kerusakan karena sambaran petir, tetapi tidak merusak pembangkit” kata Manager Sektor PLN, Heni Handoko, dalam keterangannya di sela rapat kerja PLN, Selasa (20/09/16).

Senada dengan hal tersebut, Maria Gunawan, Manager Area Kupang turut menjelaskan, memang benar ada padam akibat petir di penyulang Tenau yang menyebabkan sistem PLN padam.

“Kami mohon maaf, sementara sudah selesai perbaikan dan tahapan pernormalan secara bertahap dan PLN tetap melakukan pemeliharaan secara rutin untuk mencegah terjadinya gangguan dan masyarakat tidak perlu kuatir, ini murni gangguan jaringan, bukan pemadaman bergilir karena kekurangan daya.” tambah Maria.

Maria juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca yang tidak menentu.

“Cuaca seperti Hujan lebat sekarang ini yang disertai petir mampu menumbangkan pohon dan merusak jaringan listrik, karena itu mohon kerjasama dari masyarakat apabila ada pohon yang mendekati jaringan  diijinkan untuk dipangkas atau ditebang oleh petugas PLN,” harapnya.

Maria juga menyatakan, masyarakat diharapkan melaporkan pada Kantor PLN terdekat jika ada dahan atau ranting pohon yang terkena atau berdekatan dengan jaringan listrik sehingga segera diantisipasi petugas LN. (*/bp)

Komentar ANDA?