Pembangunan Infrastruktur Jalan di Sabu Raijua Terus Ditingkatkan

0
307

KUPANG. NTTsatu.com – Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua terus memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan di seluruh wilayah kabupaten ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sabu Raijua, Ir. Lay Rohi, MT kepada wartawan belum ini di Seba, ibu kota Kabupaten Sabu Raijua mengatakan, infratruktur jalan di Kabupaten ini harus mendapat perhatian utama karena sarana dan prasarana ini akan menggerakan laju pembangunan di segala sektor.

“Kalau jalan raya sudah baik, tentu akan menggerakan pembangunan sektor lainnya. Ekonomi akan bergerak baik, demikian juga sektor lainnya seperti pariwisata yang juga menjadi perhatian pemerintah di daera ini,” katanya.

Dikatakannya ada jalan negara sepanjang 15 kilo meter di kota Seba yang sedang dalam pengerajaan pelebaran. Untuk pekerjaan pelebaran jalan negara, pemerintah pusat tidak menyiapkan dana dari APBN untuk pelebaran, karena dana APBN hanya untuk peningakatan jalan.

Karena itu lanjutnya Lay Rohi, pemerintah kabupaten Savu Raijua mengucurkan dana melalui APBD Kabupaen Sabu Raijua tahun 2015 sebesar Rp 15 miliar untuk pelebaran jalan negara sepanjang 15 km tersebut.

Dia mengatakan, upaya untuk pelebaran jalan di kota Seba memang bukan pekerjaan mudah, apalagi tidak ada dana sebagai ganti rugi untuk lahan pekaranangan masyarakat. Karena itu pemerintah melakukan pendekatan dengan para pemilik lahan yang harus digusur untuk proyek peningkatan jalan tersebut.

“Kita datangi mereka satu persatu dan melakukan pendekatan dan menjelaskan kalau pelebaran jalan itu akan memberikan dampak positif kepada kabupaten ini. Kalau ada warga yang belum setuju kita terus melakukan pendekatan. Karena jalan negara dalam kota sepanjang 15 km itu harus dilebarkan menjadi 15 dari sebelumnya yang hanya selebar 6 meter,” katanya.

Lay Rohi juga mengakui, pembangunan jalan itu tidak hanya dilakukan di kota Seba tetapi menyeluruh di seluruh wilayah kabupaten Sabu. Ini dilakukan karena pemerintah ingin agar akses masyarakat ke ibu kota kabupaten harus dibuka dengan jalan yang baik.

Pantauan wartawan selama mengunjungi Kabupaten Sabu Raijua   pecan terakhir bulan Juli 2015 lalu, pembangnan jalan raya sedang dikerjakan merata di semua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sabu Raijua. (bp)

=====

Foto: PKadis PU Sabu Raijua, Ir. Lay Rihi, MT

Komentar ANDA?