Pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah dan Listrik di Flotim Segera Terwujud

0
205

KUPANG. NTTsatu,com – Perjuangan pemerintah provinsi NTT da harapan masyarakat Flores Timur untuk memiliki jembatan Pancasila Palmerah dan pembangukit listri tenaga arus akan segera terwujud. Sudah dilakukan penandatanganan kesepakatan bisnis antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda di Den Haag, Jumat, 22 April 2016.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTT yang dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu, 23 April 2016 membenarkan kalau proses penandatanganan kesepakatan bisnis sudah dilakukan dan kini tinggal langkah selanjutnya untuk mewujudkan perjuangan selama ini.

“Saya mendampingi Gubernur mengikuti rombongan Presiden Jokowi dalam kegiata tersebut di Den Haag. Dan inilah momentum berharga yang sedang ditunggu-tunggu warga NTT terutama warga Flores Timur selama ini,” katanya melalui pesan singkat balasannya.

Kunjungan Presiden Jokowi yang diikuti juga oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya memang membuktikan bahwa perjuangan itu bukanlah sebuah perjuangan yang gampang. Namun kini sudah mulai menampakan hasil.

Ada empat kesepakatan bisnis yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi dan pemerintah Belanda kemarin itu meliputi pembangunan pabrik panel surya di Surabaya US$ 185 juta, pengembangan industri benih kentang unggulan US$ 10 juta, pembangunan Jembatan Pancasila-Palmerah dan turbin pembangkit listrik arus di Larantuka, NTT US$ 400 juta, serta pengembangan SDM di bidang Maritim US$ 11,2 juta

Dari jumlah dana sesuai kesepakatan itu, ternyata untuk NTT jauh lebih besar dari daerah lainnya. Dan inilah buah bdari perjuangan Guberur Frans Lebu Raya untukmmembangun daerahnya.

Sesuai hasil pertemuan Gubernur bersama KBRI di Denhag bersama pemerintah Belanda, jadwal penandatangan kesepakatan awal yang disebut kontrak awal pada bulan April 2016 memang sudah terlaksana kemarin.

Kemudian aka nada study lanjutan hingga terjadilah pendatanganan kontrak final pada bulan November mendatang dan dikuti dengan peletakan batu pertama pembangnan jembatan Pancasila Palmerah dan  listrik tenaga arus di Larantuka pada bulan Desember 2016 mendatang, (bp)

=====

Foto: Kadis PU NTT, Andre Koreh

 

Komentar ANDA?