Pemda Ende Bertekad Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Pariwisata

0
154

NTTSATU.COM — ENDE — Pemerintah Daerah Kabupaten Ende bertekad meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis pariwisata. Oleh karena Bupati Ende, Drs H. Djafar. H. Achmad membutuhkan dukungan dan keterlibatan langsung dari para Mosalaki.

Demikian disampaikan Bupati Ende, Drs. H. Djafar. H. Achmad, M.M dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan Rakor Tiga Batu Tungku bersama para Mosalaki seKabupaten Ende, di Museum Tenun Ikat Sao Ria, Jalan Soekarno,Kota Ende, Sabtu (13/8/2022).

Bupati Djafar berharap agar para Mosalaki bisa mengemas dengan bagus adat – istiadat di daerahnya sehingga pariwisata tersebut bisa di jual.

“Pariwisata di Bali memiliki kekayaan alam yang sama bagusnya dengan di Ende hanya beda sedikit saja, oleh karena itu saya ingin Ende seperti di Bali, butuh dukungan dari para Mosalaki agar bisa mengemas adat – istiadat menjadi nilai jual dan bagus,”Kata Bupati Djafar

Terkait Perselisihan di antara para Mosalaki, Bupati Djafar menghimbau kepada para Mosalaki agar segera diselesaikan secara intern jangan sampai berkembang di mana – mana dan bisa di bicarakan secara adat bersama – sama.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad,MM, Ketua DPRD Kab. Ende Fransiskus Taso,S.Sos, Sekda Kab. Ende Dr. dr. Agustinus Gadja Ngasu, Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K. diwakili oleh Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E, Pasi Ter Kodim 1602/Ende Kapten Inf. Yus Kasmir Tomo Tani, Para Asisten Setda Kabupaten Ende, Para Pimpinan OPD Lingkup Setda Kabupaten Ende, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende Drs. Nikolaus Nuka, Para Camat, Lurah Dan Kepala Desa Wilayah Kabupaten Ende serta Para Tokoh Adat / Mosalaki Wilayah Kabupaten Ende.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Ende, Dahlan, S.Ip sekaligus Ketua Panitia Rakor dalam laporannya mengatakan Rapat Koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Ende dengan Para Tokoh Adat yang dimulai Tahun 2014 hingga Tahun 2022 merupakan forum krusial dalam rangka memadukan langkah dan strategi bersama antara Pemerintah Daerah, Para Tokoh adat dan Tokoh agama dalam mengeksekusi pembangunan yang berkarakter.

Melalui rapat koordinasi Tahun 2022 diharapkan dukungan tokoh adat dalam Pembangunan Infrastruktur Pariwisata di masing-masing Wilayah Hak Ulayat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ende melalui program pembangunan agro wisata dengan memanfaatkan semua lahan tidur dan lahan kritis di masing-masing wilayah hak ulayat.

Selain itu, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menyiapkan infrastruktur pendukung utama berdasarkan grand desain prioritas pembangunan pariwisata Kabupaten Ende dan terbentuknya Forum Komunikasi Masyarakat Adat Kabupaten Ende.

Dalam kegiatan Rakor Tiga Batu Tungku diberikan penyerahan bendera merah putih kepada setiap perwakilan masyarakat serta penandatanganan kesepakatan dengan Para Mosalaki, Kepala Desa dan Lurah serta Camat. Hal ini dilakukan demi menindaklanjuti dalam percepatan pembangunan Kabupaten Ende (ria/prokopim)

Komentar ANDA?