Pemerintah Berdayakan UKM Sebagai Penopang Ekonomi

0
178
Foto: Jenis usaha tenun ikat yang dikembangkan Rumah Tenun Ina Ndao (ist)

KUPANG. NTTsatu. Com –  Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, 19 Agustus 2016  meluncurkan Kampung Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital pertama di Rumah Tenun Ina Ndao yang terkoneksi dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Program ini berjalan sesuai dengan komitmen pemerintah memberdayakan UKM sebagai penopang ekonomi secara nasional,” kata General Manager Telkom Wilayah NTT, Ismono Adi Jatmiko di Kupang, Jumat, 19 Agustus 2016.

Adi menjelaskan, kampung UKM Digital pertama yang ada di NTT yang di launching hari ini adalah Rumah Tenun Ina Ndao yang berlokasi di Jalan Kebun Raja Naikoten I. Peluncuran ini hasil kolaborasi kerjasama antara PT Telkom dan Bank Indonesia (BI) dalam pengembangan UKM.

Menurut dia, inovasi telkom dalam peluncuran program kampung UKM digital ini pengembangan dari program BAGUS Indonesia yakni gerakan dalam membina aspirasi satu juta UKM di seluruh Indonesia.

Manager Bussiness Goverment and enterprise Service Telkom, Analindaita Dupe mengatakan konsep kampung UKM digital adalah bagaimana memanfaatkan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis di satu kampung sehingga para pebisnis UKM semakin maju mandiri dan modern sesuai dengan perkembangan jaman.

NTT sendiri memiliki keragaman budaya dan istiadat yang dituangkan melalui hasil kerajinan masyarakat lokal berupa tenunan khas yang memiliki daya tarik tersendiri.

Melalui program ini diharapkan pemasaran produk maupun proses bisnis bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi yang disediakan oleh Telkom dengan begitu mata rantai bisnis dapat terintegrasi secara digital. “Berbagai program dan gerakan yang dilaksanakan telkom merupakan persembahan untuk kemajuan UKM di daerah ini,” kata Linda. (*/bp)

Komentar ANDA?