Pemkab Sarai Akan Bangun Bandara Baru di Eilode

0
196

SEBA. NTTsatu.com – Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) akan membangun bandara baru berlokasi di Eilode, Kecamatan Sabu Tengah. Pasalnya bandara Terdamu yang ada sekarang sulit dipeluas untuk didarati pesawat besar.

Bupati Sarai, Marthen Dira Tome kepada wartawan di Seba beberapa waktu lalu mengatakan, untuk mengembangkan bandara Terdamu yang ada saat ini pemerintah mengalami kesulitan karena berbagai hal. Oleh sebab itu maka pemerintah sudah melakukan upaya untuk memindahkan Terdamu ke Eilode.

Dikatakannya, pemerintah sudah membebaskan lahan seluas 25 hektar dan sudah melewati beberapa proses untuk membangun bandara tersebut. Setelah proses awal itu dilewati semuanya, pemkab Sarai akan menyampaikan semua dokumen itun kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI di Jakarta.

“Pembebasan lahan sudah dilakukan dan sudah ada pelepasan hak dan sedang proses sertifikasi lahan, studi kelayakan, master plan dan desain engineering. Sekarang sedang dalam proses amdal. Setelah proses ini selesai dilanjutkan dengan pengusulan ke Kemenhub RI. Kita juga siap sharing dana dengan Pemerintah pusat,” kata Bupati Marthen.

Bupati mengakui, lahan seluas 25 ha itu merupakan tanah milik suku Natie yang sudah diserahkan tiga tahun lalu kepada pemerintah untuk dimanffatkan membangun Bandara. Mereka dengan iklhas menyerahkan tanah itu untuk pembangunan bandara.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas PU Sarai, Lay Rohi dan Kadis Perhubungan Jack Ratu Udju yang dikonfirmasi terpisah. Keduanya mengakui, prases ini sedang memasuki tahap amdal. Setelah amdal ini, pemerintah Kabupaten Sarai akan mengantarnya ke Kementerian Perhubungan RI. (iki)

======

Foto: Bupati Sarai, Ir. Marthen Dira Tome

Komentar ANDA?