Pemkot Harus Miliki Database Yang Akurat

0
163

KUPANG. NTTsatu.com – Niat Pemerintah Kota Kupang pada tahun 2016 untuk fokus dalam peningkatan infrastruktur jalan dan drainase serta lampu jalan, tentunya harus memiliki database yang akurat. Pasalnya, selama ini sistem pelaksanaan dalam upaya peningkatan pembangunan infrastruktur masih mengikuti sistem konsevional yang tidak dilengkapi database yang pasti.

Upaya pencapaian pembangunan yang berbasis masyarakat pada Kota ini, maka masing-masing SKPD yang ada harus memiliki database baik potensi maupun kekurangan fasilitas yang ada. Hal ini dimaksudkan agar rencana pembangunan yang bakal dilakukan pemerintah dapat terarah sehingga benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat di Kota Kupang.

“Dengan data inilah yang kemudian menjadi salah satu rancangan bagi pemerintah untuk melakukan kegiatan pembangunan bagi masyarakat, termasuk juga untuk menumbuhkembangkan potensi yang ada di masing-masing wilayah sehingga pembangunan yang berbasis pada peningkatan ekonomi masyarakat menuju sejahtera ini dapat benar-benar terwujud dengan baik,” ungkap anggota DPRD Kota Kupang,John GF. Seran kepada wartawan di kantor DPRD Kupang ,Sabtu (3/10/2015).

Anggota Frans PDI Perjuangan yang akrab disapa Epy Seran ini mencontohkan, seperti Dinas Pekerjaan Umum Kota Kupang, harus memiliki database jalan serta peta cetak biru. Data ini diperlukan agar perencanaan untuk mengerjakan suatu jalan sudah bisa diketahui tingkat kerusakan jalan tersebut serta usia jalan tersebut sehingga pantas tidak untuk diperbaiki.

“Adanya data base ini dimaksudkan agar prencanaan itu bisa tepat sasar. Program pembangunan juga menjadi tepat sasaran, efisien, efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Kupang sebagai Kota Kasih,” lanjutnya.

Anggota DPRD Kota Kupang lainnya, Mery Salouw mengatakan, semua niat baik Pemerintah Kota untuk mengoptimalkan semua program dan pelaksanaan pembangunan yang telah disepakati bersama, tentunya menjadi tugas semua pihak.

” Pemerintah melakukan pekerjaan pembangunan, dan ini mendorong semua anggota dewan untuk terus mengawal pelasanaannya sehingga program pembangunan itu sesuai harapan bersama dan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata politisi perempuan dari partai Gerindra ini. (rif/bp)
=====
Foto: Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Kupang, John G.F. Seran

Komentar ANDA?