Pemkot Minta Sidang Pembahasan APBD 2016 Ditunda

0
118

KUPANG. NTTsatu.com – Sesuai jadwal di DPRD Kota Kupang, sidang pembahasan APBD Kota Kupang tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 12 November. Namun pemerintah Kota (Pemkot)  Kupang minta Dewan menundanya hingga tanggal 17 November 2015.

Walikota Kupang, Jonas Salean kepada wartawan di Kupang, Sabtu, 07 November 2015 mengatakan permintaan penundaan ini karena belum adanya penyampaian alokasi dana alokasi umum (DAU) dan dana-dana pembantuan dari pemerintah pusat untuk Pemkot Kupang.

“Memang secara jadwal sidang telah ditetapkan dewan pada 12 November 2015,   namun karena keterlambatan pemberitahuan dana-dana pembantuan termausk DAU 2016 dari pemerintah pusat, maka saya akan menyurati pimpinan  dewan untuk menunda pelaksanaan sidang agar kami bisa menyiapkan materi secara lengkap dan kami perkirakan akan rampung pada tanggal 15 November 2015 ,” kata Jonas Salean.

Menurutnya, penundaan ini bukan karena keterlambatan pemerintah kota, menyiapkan materi sidang tetapi karena keterlambatan pemberitahuan dari pemerintah pusat. Untuk DAK, pemerintah pusat baru menetapkannya dimana Kota Kupang mendapat alokasi DAK sebesar Rp 661 miliar sedangkan DAU-nya belum diketahui secara pasti.

“Alokasi DAK kali ini cukup besar dibadingkan tahun 2015 lalu yang
alokasi DAK – nya hanya Rp 623 miliar. Besarnya alokasi DAK tahun ini termasuk untuk membiayai kenaikan gaji pegawai,” katanya.

Terpisah Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe mengatakan, pada saat rapat penetapan jadwal sidang kali lalu pemerintah mengaku untuk dana pembantuan lain dan semua urusan DAK dan DAU sudah bisa diselesaikan pada 31 Oktober 2015. Karena itu dewan menetapkan jadwal sidang pembahasan APBD 2016 tanggal 12 November 2015 mendatang.

“Pernyataan pemerintah beberapa waktu lalu bahwa semua sudah bisa tuntas 31 Oktober, sehingga setelah menerima dokumen tersebut diberikan kesempatan kepada pemerintah menyiapkan mentari dan dokumen sidang. Namun karena ada alasan itu sehingga pemerintah meminta sidang ditunda, maka kita pasti memakluminya,” katanya.

Ia menambahkan,dengan besarnya alokasi DAK kali ini, pemerintah akan tetap fokus pada pembenahan infrastruktur. Dan komitmen pemerintah itu, dengan sendirinya akan didukun secara penuh oleh lembaga DPRD Kota Kupang. (rif/bp)

=====

Foto: Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe

Komentar ANDA?