Pemprov Sudah Usul Dua Penjabat Bupati

0
250

KUPANG. NTTsatu.com – Pemerintah provinsi (Pemprov) telah mengusulkan ke pemerintah pusat calon penjabat bupati untuk Kabupaten Manggarai Barat dan Sumba Timur yang masa jabatan bupati dan wakil bupati sekarang akan berakhir pada 30 Agustus 2015.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Frans Salem kepada wartawan di Kupang, Kamis (12/8) menjelaskan, usulan penjabat bupati untuk dua kabupaten itu sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Diharapkan sebelum akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati dua kabupaten itu, sudah ada keputusan tentang penjabat bupati. Sedangkan untuk enam kabupaten lain yang juga menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2015 ini, belum diusulkan ke pemerintah pusat.

“Sesuai ketentuan, sebulan sebelum akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati, Pemprov sudah harus usulkan nama penjabat bupati ke pemerintah pusat,” kata Salem tanpa menyebut nama penjabat bupati yang diusulkan.

Ia mengatakan, nama penjabat bupati yang diusulkan itu adalah Pegawai Negeri Sipil dan menempati jabatan eselon IIA. Untuk tingkat kabupaten, yang menempati eselon IIA adalah sekretaris daerah (Sekda) sedangkan tingkat provinsi adalah kepala dinas. Penjabat yang diusulkan itu bisa diambil dari kabupaten bersangkutan, bisa juga dari provinsi. Intinya, pejabat yang diusulkan harus memenuhi syarat kepangkatan dan eselonering.
Tentang enam kabupaten lain yang juga menyelenggarakan pilkada serentak 2015, Salem sampaikan akan diusulkan sesuai ketentuan yang berlaku, yakni satu bulan sebelum akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati. Jadi usulan penjabat bupatinya akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati saat ini.

Untuk diketahui, akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati yang menyelenggarakan pilkada serentak 2015 sebagai berikut, Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Agus Ch. Dulla- Gasa Maximus, Bupati dan wakil bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Pandango- Rekodeta, Bupati dan wakil bupati Sumba Timur,Gidion Mbilijora- Matius Kitu, akhir masa jabatan 30 Agustus 2015.

Bupati dan wakil bupati Ngada, Marianus Sae-Paul us Soliwoa, Bupati dan wakil Bupati Manggarai, Christian Rotok-Deno Kamelus, akan berakhir pada 14 September 2015. Bupati dan wakil bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes- Aloysius Kobes yang akan berakhir pada 12 Desember 2015. Dan terakhir Bupati dan wakil Bupati Sabu Raijua, Marten Dira Tome-Niko Rihi Heke yang akan berakhir pada 24 Januari 2016. (bp)

=====

Foto: Sekda NTT, Frans Salem

Komentar ANDA?