Penetapan Calon Kepala Daerah Diserahkan ke Daerah

0
145

KUPANG, NTTsatu.com – Calon Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan, ke depannya penetapan calon Kepala Daerah baik kabupaten/kota maupun provinsi harus diserahkan sepenuhnya kepada daerah masing-masing. Asalnya daerah lebih tahu siapa yang pantas dimuncukan menjadi calon.

“Desentralisasi harus diperhatikan serius, Jadi kewenangan daerah diserahkan sepenuhnya kepada daerah seperti penetapan calon kepala daerah. Daerah lebih tahu kehendak rakyat siapa yang paling pantas untuk ditetapan, karena itu, jika saya terpilih menjadi ketua, kewenangan itu harus saya berikan sepenuhnya,” kata Airlangga Hartarto di Kupang, Selasa 22 Maret 2016.

Hartarto berada di Kupang untuk mensosialisasikan dirinya sebagai bakal calon ketua umum DPP Partai Golkar yang akan ikut bertarung pada Munas Partai Golkar yang akan digelar bulan Mei 2016 mendatang.

Peegasan itu disampaikannya setelah mendengarkan usul saran para ketua DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota dalam sosialisasi yang dilakukannya di Hotel Aston. Semua Ketua DPD II Partai Golkar kabupaten/Kota se-provinsi NTT hadir serta para pengurus DPD Partai Golkar NTT.

Dikatakanya, semua daerah yang dikunjunginya untuk melakukan sosialisai menghendaki hal yang sama. Dan memang itu yang paling benar. Setiap daerah memiliki figur yang sudah dikenal rakyat setempat dan jika dicalonkan figur itu akan menang. Karena itu kewenangan untuk menetapkan calon itu diserahkan sepenuhnya kepada daerah masing-masing.

“Jika nanti ada masalah dalam penetapan dan tidak bisa diselesaikan di tingkat Kabupaten/Kota, maka akan diserahkan kepada provinsi dan selanjutnya, Tetapi kalau sudah berhasil ditetapkan, tentu tingkat atasnya harus mendukung,” kata Airlangga.

Menurutnya, Partai Golkar sudah sangat berpengalaman dalam mengurus negara dan daerah ini, karena itu apapun yang akan dilakukan Partai tentunya harus mendengarkan suara rakyat, karena Golkar sudah memupnyai seloga “Suara Golkar, Suara Rakyat, karena itu selogan itu harus dilaksanakan dengan bertanggungjawab. (bp)

====

Foto: Airlangga bergambar bersama dengan para ketua DPD Partai Golkar NTT di Hotel Aston, Selasa, 22 Maret 2016 usai melakukan sosialisasi diri

Komentar ANDA?