Penjabat Gubernur NTT Kunjungi Balai Teknologi Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Noelbaki

0
451

NTTSATU.COM — KUPANG —  Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC, melakukan kunjungan ke Balai Teknologi Tepat Guna (BTTG) di Desa Noelbaki,  Kabupaten Kupang pada Selasa, 9 Januari 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung peran BTTG sebagai aset penting dalam pengembangan teknologi tepat guna untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Balai Teknologi Tepat Guna, yang merupakan aset pemerintah Provinsi NTT dan dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi NTT, memiliki peran strategis dalam menghasilkan teknologi tepat guna. Peninjauan ini dilakukan dalam rangka memastikan bahwa alat dan mesin yang dihasilkan oleh BTTG dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selama kunjungan, Penjabat Gubernur Ayodhia menyaksikan berbagai alat dan mesin sebagai produk teknologi tepat guna, antara lain mesin pengering kelor, alat pipil jagung, pengupas kacang tanah, alat bakar jagung, perajang keripik, perontok padi, dan mesin pencacah makanan ternak.

Pentingnya produksi alat dan mesin teknologi tepat guna bagi petani, peternak, dan usaha mikro menjadi sorotan utama dalam pernyataan Ayodhia.

“Kita perlu adanya usaha bersama untuk peningkatan produksi alat dan mesin tepat guna bagi petani, peternak, serta usaha mikro guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dalam demonstrasi mesin pencacah makanan ternak dengan menggunakan batang pohon pisang, Penjabat Gubernur menyoroti perlunya optimalisasi produksi alat dan mesin tersebut. Ia menekankan bahwa upaya ini bukan hanya membantu petani dan pengelola ternak tetapi juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola dengan optimal.

Kehadiran Balai Teknologi Tepat Guna, jika dimaksimalkan, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian masyarakat dan peningkatan PAD. Ayodhia menegaskan peran penting pemerintah dalam mendukung produksi alat dan mesin tepat guna serta memanfaatkan potensi ekonomi yang ada.

Penjabat Gubernur Ayodhia dalam kunjungannya didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Lecky Koli, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Flori Rita Wuisan, serta Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Grandi Angi. Diharapkan kunjungan ini menjadi langkah awal untuk membangun kolaborasi yang lebih erat dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat di Provinsi NTT.  ***

Komentar ANDA?