Penjabat Wali Kota Kupang Akan Segera Batalkan 9 Pejabat yang Dilantik Jefri Riwu Kore

0
1668
NTTSATU.COM — KUPANG — Pejabat Wali Kota Kupajg, George Hadjoh akan segera mengeksekusi rekomendasi Komisi Aparaturc Sipil Negara atau KASN.
Rekomendasi KASN itu berkaitan dengan pelantikan 9 Pejabat lingkup Pemkot Kupang oleh Mantan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Koreh  yang tidak prosedural.
Hal itu terungkap dalam dialog Pemerintah Kota Kupang bersama awak media di Balai Kota Kupang, Senin (26/9/2022) malam.

Menjawab pertanyaan para wartawan terkait rekomendasi KASN  yang membatalkan 9 pejabat yang dilantik pada masa Wali Kota Jefri Riwu Kore, George Hadjoh berjanji akan mengeksekusinya pekan depan.

“Saat ini belum bisa dilakukan karena sudah di penghujung bulan. Sehingga seluruh administrasi terkait kebutuhan ASN harus diselesaikan sebelum diberhentikan,” tandasnya.

Menurutnya, jika para pejabat diberhentikan pada saat ini, akan berdampak pada ASN Kota Kupang. “Sehingga sebagai Penjabat Wali Kota Kupang,   saya tidak mau menyusahkan ASN Kota Kupang pada 9 OPD itu. Sehingga pekan depan pasti ditindaklanjuti rekomendasi itu,” tegasnya.

Menurut George Hadjoh, sebelum mengambil keputusan itu, ia sudah melakukan Vicon dengan KASN, sekaligus mengirim utusan ke KASN untuk berkomunikasi.

Bahkan sudah bersurat secara resmi karena menurut UU nomor 5 tahun 2018 tentang ASN, di pasal 32 mewajibkan Penjabat Wali Kota Kupang  untuk menindaklanjuti rekomendasi KASN tersebut.

Bahkan, kata dia, di pasal 33 ayat 1 menyebutkan apabila rekomendasi tidak ditindak lanjuti maka KASN akan bersurat kepada Presiden untuk memberikan sanksi kepada dirinya selaku pembina kepegawaian.

Karena itu, sebelum terlambat ia akan membenahinya sesua rekomendasi KASN.  “Sehingga tidak ada persoalan lagi karena itu juga bagian dari dinamika berpemerintahan. Itu juga akan lebih baik lagi ke depan untuk penataan birokrasi,” tutupnya. (VN/bp)

Komentar ANDA?