Peran Penting Edukasi dan Nutrisi di Masa Kehamilan Hingga Mencegah Stunting

0
286

NTTsatu.com – KUPANG – Kalbe Nutritional bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Jawa Timur dan IDAI cabang NTT menyelenggarakan udiesi dengan Gubernur NTT tentang penyampaian akhir kegiatan kerjasama  yang dilakukan selama ini.

Ada empat  hal penting dalam kerjasama itu yakni pendidikan kedokteran berkelanjutan untuk tenaga medis NTT, riset/penelitìan komunitas,  edukaai masyarakat dan perbaikan infrastruktur pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk mendorong peningkatan status gizi ibu hamil, bayi dan anak-anak NTT.

Kegiatan ini berlangsung selama dua tahun yakni 2017 hingga 2019. Penyampaian laporan akhir ini diharapkan dapat memberikan sumbangaih kepada Pemerintah Daerah provinsi NTT dalam hal inovasi dan pembuatan program kesehatan anak.

Program Corporate Social Responsibility (CSR)  KALBE Nutritionals ini melibatkan banyak pihak melalui program ABG yakni Academic  busness dan government.

Terdapat tiga kelompok temuan penting dari riset pengaruh suplementasi dan edukasi nutrisi pada kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin, bayi dan anak pra sekolah di Kupang provinsi NTT  yakni: Kelompok ibu hamil, kelompok bayi dan kelompok anak pra sekolah.

Hal tersebut merupakan temuan  riset  terhadap salah satu kegiatan berbentuk program corporate social reslonsibility (CSR) yang telah dilaksanakan di beberapa Puskesmas, Pustu, Posyandu dan sekolah TK di Kota Kupang.

Ketua IDAI cabang NTT, dr. Frans Taolin, SpA dan dr. Sjamsul Arief, SpA ketua IDAI cabang Jawa Timur mengemukakan, kegiatan hari ini merupakan puncak dari beberapa kegiatan yang dilakukan sejak 2017 .

NTT dipilih mengingat daerah ini merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masih memghadapi tantangan sumber daya dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan anak.

Wagub Puji Kerja Sama Ini

Wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi sangat memberikan sambutan positip pada kerja sama yang telah dilakukanm sejak 2017 ini. Karena itu dia bweharap agar kedepannya mereka harus lebih besar memberikan perhatIan pada pihak lainnya.

Dia juga beeharap, segala sesuatu yang telah mereka lakukan dan hasilkan dan program kerja sama ini harus dipertahankan dengan sebuah hasil yang lebih maksimal.

“Marilah kita bermitra dengan baik dan bekerja sama dengan baik sambil terus berjuang untuk memberikan hasil terbaik. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja sama selama ini,” kata Josef. (bp)

Komentar ANDA?