Perangkat Devosi Siap Melaksanakan Prosesi Jumat Agung

0
334

NTTsatu.com – LARANTUKA BNNN– Kota Larantuka memasuki Pekan Semana Santa, sebuah tradisi peninggalan Portugis yang sudah berlangsung lebih dari 5 abad. Puncak perayaan akan terjadi pada Jumat (30/3) besok. Seluruh perangkat devosi sudah menyatakan kesiapan melaksanakan Prosesi Jumat Agung.

Kesiapan pelaksanaan Prosesi Jumat Agung tersebut disampaikan saat repetisi umum di Istana Kerajaan Larantuka di Kelurahan Pohon Sirih Kecamatan Larantuka, Rabu (28/3) malam. Sebagian besar perangkat devosi menghadiri kegiatan repetisi umum. Hadir juga Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli, Kapolres Flotim Arri Vaviriyanto, dan suku-suku semana.
Sebagaimana yang disaksikan media ini, pada repetisi umum Prokurador Konfreria Gereja Reinha Rosari Larantuka Yance da Silva melaporkan kesiapan pelaksanaan Prosesi Jumat Agung kepada Raja Larantuka Don Martinus DVG selaku Presidenti Konfreria Gereja Reinha Rosari Larantuka.
Yance da Silva menjelaskan persiapan dilakukan selama 7 minggu dengan melibatkan perangkat-perangkat devosi. Dia melaporkan bahwa seluruh persiapan sudah dilakukan secara baik, dengan tetap menghormati pesan leluhur dan mempertahankan tradisi Nagi Tana.
“Untuk itu kami memohon restu dari Kerajaan dan Lewotanah agar pelaksanaan Prosesi Jumat Agung nanti dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses,” ujar Yance da Silva.
Raja Larantuka Don Martinus DVG menyambut hangat persiapan perangkat devosi Prosesi Jumat Agung. Dia berharap seluruh perangkat devosi dapat melaksanakan tradisi ini dengan baik, lancar, dan aman. Don Martinus DVG pun secara khusus meminta dukungan dan berkat dari para leluhur.
Wabup Flotim Agustinus Payong Boli mengatakan Semana Santa merupakan perpaduan antara agama dan budaya. Meski demikian pemerintah daerah terus memberikan dukungan total. Karena itu, hemat dia, repetisi umum semestinya lebih melihat bagaimana keterlibatan gereja, kerajaan, dan termasuk pemerintah.
“Pemerintah di bawah kepemimpinan Anton Hadjon dan saya sangat mendukung Semana Santa. Makanya malam ini pada repetisi umum saya langsung hadir, tidak mengutus Asisten. Ini bentuk riil dukungan kami kepada wisata religius yang sudah jadi tradisi,” ungkap Agustinus Payong Boli.
Repetisi umum merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar di Kediaman Raja Larantuka. Sebagaimana lazim, repetisi umum dilaksanakan pada Rabu Trewa, ketika umat Katolik di Larantuka mulai memasuki masa perkabungan. (vic)

 

Foto: Raja Larantuka Don Martinus DVG saat repetisi umum di Istana kerajaan Larantuka, Rabu (28/3);

Komentar ANDA?