Pergub Moratorium TKI Harus Didukung Dengan Satu Komitmen

0
410

NTTsatu.com – KUPANG – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) El Tari Kupang Kol Pnb Arief Hartono menegaskan, peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) terkaoy moratorium Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar NTT merupakan kebijakan yang bagus. Karena itu dia menghimbau semua pihak untuk mendukung dengan satu komitmen yang utuh.

Penegasan itu disampaikannya dalam acara coffe morning di Bandara El Tari Kupang bersama Angkasa Pura 1, Dinas Nakertrans NTT dan Dinas Perhubungan NTT, Selasa, 22 Januari 2019.

Hadir dalam acara yang berlangsung akrab itu juga Plt Kadis Nakertrans NTT Sisilia Sona, General Manager PT Angkasa Pura 1 bandara El Tari Kupang Barata Singgih, Kadis Perhubungan NTT Isyak Nuka dan sejumlah staf dari empat instansi itu.

Acara ini digelar untuk menyatukan pemikiran dan tindakan dari empat komponen utama ini menyusul kejadian beberapa waktu lalu di bandara El Tari. Selain itu juga saling memberikan pemikiran dan masukan terkait penyempurnaa SOP dan Protap bagi satgas Anti Trafficking juga untuk penyempurnaan MoU antara semua pihak yang drafnya sudah disusun.

Danlanud Arief Hartono mengatakan, pihaknya mendukung penuh kebijakan gubernur tersebut karena itu dia meminta semua pihak untuk memiliki satu komiteman yang sama untuk mendukungnya. Selain itu perlu memiliki inteligen yang tinggi karena modus pemberangkatan TKI secara ilegal sangat banyak dan beragam.

GM Angkasa Pura Barata Singgih menyatakan mereka juga sudah memiliki komitmen yang sama untuk mengamankan Pergub NTT. Dia mengakui salah satu pintu keluar yang membawa TKI ilegal ini juga melalui bandara ini karema itu mereka akan terus meningkatkan pengawasan bersama pihak-pihak terkait.

Sisilia Sona menyambut baik pikiran-pikiran yang berkembang dalam acara diskusi ini. Dia berharap tim kecil yang akan meramu semua masukan ini demi penyempurnaan draf SOP, PROTAP dan MoU. Tim kecil itu dari empat instasi utama yakni Lanud, Angkasa Pura, Nakertrans dan Dinas pehububungan. (bp)

======
Foto: Suasana acara coffe morning di Bandara El Tari Kupang, Selasa, 22 Januari 2019

Komentar ANDA?